Kompas.com - 25/08/2021, 14:08 WIB
Wahyana saat di Tokyo, Jepang Dokumentasi Pribadi WahyanaWahyana saat di Tokyo, Jepang
|

KOMPAS.com - Perhelatan akbar Olimpiade Tokyo 2020 masih mengisahkan banyak cerita menarik. Salah satunya wasit cabang olahraga bulu tangkis ini.

Namanya Drs Wahyana, alumnus Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) yang telah lama berganti menjadi Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Wahyana bahkan dipercaya untuk memimpin partai final tunggal putri antara Chen Yu Fei (Cina) melawan Tai Tzu Ying (Taiwan) yang dimenangkan Chen Yu Fei dengan skor 21-18, 19-21, 21-18.

Baca juga: Nurhayati Subakat, Alumnus ITB yang Sukses Dirikan Wardah karena 5 Karakter Ini

Pertandingan final itu berlangsung di Mushashino Forest Plaza pada 1 Agustus 2021.

Tidak hanya sekadar menjadi wasit, bahkan dia terpilih masuk dalam 5 besar wasit terbaik dari 26 wasit yang ada untuk memimpin partai final perebutan medali emas.

Melansir laman resmi UNY, Rabu (25/8/2021), dijelaskan bahwa sehari-hari Wahyana adalah guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMPN 4 Patuk Gunungkidul.

Selain menjadi guru, Wahyana yang tinggal di Sidomulyo, Godean, Sleman, ini juga menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah.

Adapun karier Wahyana menjadi wasit dimulai 1998 dengan menjadi hakim garis di kejuaraan bulu tangkis tingkat Kabupaten Sleman.

Setelah itu ,pada tahun 2000, dia mengikuti pelatihan wasit tingkat Kabupaten Sleman dan 2002 tingkat Provinsi DIY.

Tidak berhenti sampai di situ, pada 2005, Wahyana lulus lisensi wasit nasional B, 2006 lulus wasit nasional A dan pada tahun yang sama (2006) lulus lisensi Badminton Asia Accredited Umpire di Kuala Lumpur Malaysia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.