Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Hobi Fotografi? Berikut 7 Profesi yang Bisa Kamu Geluti

Kompas.com - 25/08/2021, 11:06 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com – Berkembangnya dunia digital terlebih setelah pandemi membuat banyak orang bahkan perusahaan membutuhkan banyak fotografer untuk keperluan pribadi hingga kebutuhan pemasaran produk.

Bila kini kamu memiliki hobi fotografi dan memutuskan untuk mengasah skill lebih dalam, ada sejumlah profesi yang dapat kamu geluti. Bahkan, ada yang bisa dilakukan sembari menyelesaikan studi.

Menariknya, karena fotografi mengutamakan skill dan hasil foto, apapun jurusan yang kamu ambil, selama kamu memiliki portofolio yang disukai banyak orang, maka karier kamu dalam dunia fotografi sangat mungkin berkembang.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Kamu bisa memperlihatkan hasil portofolio melalui website atau blog pribadi maupun media sosial. Dengan begitu, bukan tak mungkin bila hobi fotografi dapat bertransformasi menjadi profesi.

Berikut tujuh profesi yang bisa kamu geluti bila mendalami hobi fotografi, merangkum rencanamu.id:

1. Food photography

Dengan semakin menjamurnya restoran, tempat makan, atau kafe-kafe kekinian, profesi food photography atau fotografer makanan semakin dibutuhkan.

Pasalnya, untuk menarik minat konsumen, para pelaku industri kuliner memerlukan hasil foto makanan yang menggugah selera banyak orang, baik untuk ditampilkan pada buku menu maupun media sosial.

Untuk bisa memiliki portfolio yang cukup, kamu bisa memulainya dengan menjadi food blogger dan memamerkan hasil foto makanan yang kamu potret melalui blog atau pribadi.

2. Fotografer fashion

Perjalanan tren fashion yang selalu up to date dari waktu ke waktu,membuat profesi fashion photography terus berkembang. Dalam dunia fashion, fotografer memiliki peranan penting dalam membuat visual fashion yang menarik sesuai dengan sasaran konsumen.

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Profesi yang telah ada sejak tahun 1980-an ini membutuhkan fotografer untuk beragam jenis foto fashion, seperti pemotretan model yang mengenakan pakaian dan aksesoris dari desainer, foto produk fashion, maupun foto beauty atau tampilan make up.

Untuk menghasilkan foto yang "bernyawa", seorang fotografer fashion tak hanya dituntut untuk jago foto, namun juga mengikuti perkembangan tren fashion dan beauty untuk beragam segmentasi.

3. Fotografer pre-wedding dan wedding

Bagi kebanyakan orang, prosesi pertunangan, pra-wedding, hingga pernikahan adalah suatu moment yang sangat sakral dan sekali seumur hidup. Itulah mengapa, kebutuhan akan jasa foto di bidang ini terus meningkat dan hampir tak pernah sepi.

Profesi ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk menambah pundi-pundi pendapatan secara signifikan. Mengingat, hampir selalu ada pasangan yang bertunangan hingga melangsungkan pernikahan.

Untuk bisa sukses, kamu perlu mengembangkan ide-ide foto yang menarik yang bisa dipilih oleh klien. Sebagai langkah awal, kamu bisa memotret teman atau saudara yang akan menikah sebagai pelengkap portfolio. Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin.

Baca juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis Korea Foundation 2022, Tunjangan Rp 12,6 Juta Per Bulan

4. Fotografer new born

Fotografer new born merupakan fotografi yang fokus pada pemotretan bayi-bayi yang baru lahir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com