Kompas.com - 24/08/2021, 17:57 WIB
Mahakarya Pusaka, Bukti Cinta Tanah Air Mahasiswa Indonesia di Sudan Dok. PPI SudanMahakarya Pusaka, Bukti Cinta Tanah Air Mahasiswa Indonesia di Sudan

KOMPAS.com - Hari ulang tahun Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus sejak 76 tahun yang lalu, menjadi hari yang istimewa bagi seluruh rakyat Indonesia. Tidak hanya masyarakat Indonesia yang berada di Tanah Air, tetapi juga yang berada di berbagai penjuru dunia.

Sebagai wujud bakti dan bukti rasa cinta tanah air, para mahasiswa Indonesia yang tengah menimba ilmu di Sudan membuat sebuah karya film pendek berupa drama musikal bertajuk Mahakarya Pusaka, cover lagu nasional "Indonesia Pusaka" dan "Tanah Airku".

Drama musikal tersebut menggambarkan persatuan akan kemajemukan yang dikemas secara indah dengan harapan menambah kecintaan Warga Negara Indonesia yang berada di Sudan, sekaligus mengenalkan keindahan Sudan dan mengenalkan budaya Indonesia pada dunia.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Mala Himmah Ulya, mahasiswi Indonesia yang berkuliah di International University of Africa, Sudan, mengatakan video ini melibatkan 53 mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Sudan dan beberapa pekerja Indonesia yang bekerja di perusahaan Sudan, dan Ibu rumah tangga.

PPI SudanDok. PPI Sudan PPI Sudan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Diproduseri oleh Ma'rifat Dzaki Assindi dan Saefurrahman proyek ini bekerja sama dengan PPI Putri Sudan yang di ketuai oleh Mala Himmah Ulya, dan grup Band yang digawangi oleh Suryadi Pradana. Lokasi shooting di Jabal Awliya, Universitas Internasional Afrika, Souq Arobi Khartoum," papar Mala dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (23/8/2021).

Mala bercerita, kurang lebih dua bulan ia dan teman-teman mahasiswa membagi waktu untuk kuliah, bekerja, berorganisasi. Namun, demi terwujudnya proyek ini, mereka menempuh proses latihan hampir setiap hari dari grup band, musik angklung, dan paduan suara.

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Mahakarya Pusaka menjadi drama musikal yang dibuat pertama kali oleh mahasiswa Indonesia di Sudan. Sebelumnya, perayaan 17 Agustus biasanya dirayakan melalui lomba-lomba yang diikuti mahasiswa.

Drama Musikal bertajuk Mahakarya Pusaka dapat dilihat melalui tautan ini.

PPI SudanDok. PPI Sudan PPI Sudan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.