Kompas.com - 24/08/2021, 15:49 WIB
Tangkapan layar Mendikbud Nadiem Makarim saat Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI. DOK. KOMPAS.com/DIAN IHSANTangkapan layar Mendikbud Nadiem Makarim saat Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI.

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyampaikan pelaksanaan Asesmen Nasional atau AN 2021 tidak akan membebani pihak sekolah, guru dan juga siswa.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dan Perbukuan, Kemendikbud Ristek, Anindito Aditomo, menjelaskan jika ada yang perlu disiapkan terkait AN, maka satu-satunya adalah melakukan persiapan teknis yang dilakukan proktor, pengawas, dan dinas pendidikan.

Bukan oleh guru dan murid yang berlomba-lomba untuk meningkatkan skornya.

“Tidak ada keperluan sama sekali untuk menyiapkan diri supaya skornya bagus,” tegas Anindito dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI yang berlangsung secara luring dan daring pada Senin (23/8/2021).

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim bahkan mendengar laporan ada sekolah yang meminta siswa membeli laptop untuk latihan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang merupakan salah satu bagian dari AN.

Menurutnya, persepsi ini salah karena kebutuhan laptop tidak diperlukan mengingat AN merupakan pemetaan untuk melihat tren evaluasi pembelajaran dalam kurun waktu tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih jauh kemudian Mendikbud Ristek Nadiem menyampaikan hal apa saja yang dapat dilakukan siswa dalam mempersiapkan Asesmen Nasional atau AN 2021 ini.

“Untuk meningkatkan AKM dalam hal literasi, peserta AN sebaiknya membaca buku, koran, majalah sebanyak-banyaknya," jelas Nadiem Makarim.

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Asesmen Nasional Tidak Memengaruhi Kelulusan Siswa

"Sedangkan untuk meningkatkan kompetensi numerasi, tidak ada jalan pintas selain meningkatkan kemampuan berpikir kritis murid-murid secara sistematis. Itu semua butuh proses dan memang tidak dapat dibimbelkan,” tambahnya lagi.

Kepala Balitbang dan Perbukuan Anindito mengatakan, Kemendikbudristek telah menyediakan informasi melalui laman https://pusmenjar.kemdikbud.go.id.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.