Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Scientist Jadi Profesi Menjanjikan, Ini Pilihan Jurusan Kuliahnya

Kompas.com - 24/08/2021, 10:28 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Memiliki keinginan untuk berkarier di industri data menjadi mimpi sebagian besar orang. Sebab, hampir di seluruh lini perusahaan kini tengah membutuhkan tenaga ahli yang dapat memanfaatkan dan mengolah data.

Bahkan, profesi data analysts dan data scientists menjadi profesi nomor satu paling bersinar di tahun 2025 menurut prediksi The Future Jobs oleh World Economic Forum (WEF).

Itu berarti, bagi kamu mahasiswa yang akan lulus empat tahun mendatang atau kamu kelas 12 yang akan memilih jurusan kuliah, profesi yang akan bersinar di tahun 2025 ini bisa menjadi pertimbangan untuk mengasah skill dan memilih jurusan kuliah.

DQLab Universitas Multimedia Nusantara (UMN) memberikan bocoran jurusan yang paling diincar perusahaan pada era digital masa kini. Yuk, kita simak bersama apa saja ya jurusannya?

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

1. Teknik Informatika (TI)

Jurusan ini adalah jurusan yang paling umum untuk bisa mempelajari data science secara memperdalam dan membuat kamu lebih dilirik oleh perusahaan.

Karena pada praktiknya, data yang biasa digunakan perusahaan dalam jumlah yang besar (big data). Tentu, untuk bisa mengolahnya, kamu perlu mahir dalam menggunakan teknologi

Kemampuan akademis dari lulusan di bidang TI umumnya akan memiliki keterampilan yang dibutuhkan perusahaan untuk memproses dan menganalisis data yang tersedia di sektor industri.

Sebagaimana yang diketahui, data mentah yang diperoleh nantinya akan diolah menjadi informasi yang berguna. Berbekal ilmu yang dimiliki seorang lulusan TI akan mempermudah kerja data scientist dalam menerjemahkan data menjadi suatu solusi perusahaan. Apalagi mereka yang sudah menguasai pemahaman coding.

Baca juga: Mahasiswa, DQLab UMN Buka Kursus Data Science Gratis dan Bersertifikat

2. Matematika

Dalam data science, ilmu matematika memiliki peran yang cukup penting bagi seorang praktisi data, seperti aljabar linear dan kalkulus.

Dengan pemahaman inilah, para lulusan matematika dinilai dapat lebih siap menghadapi industri data yang sesungguhnya.
Berkuliah di jurusan ini juga akan membantumu memiliki kemampuan dalam menerapkan algoritma statistika dalam konteks bisnis untuk melakukan pemodelan data exploratory, predictive, dan prescriptive guna menghasilkan rekomendasi dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Sehingga, hal ini menjadi bekal penting untuk bisa lebih menarik di mata perusahaan.

3. Ilmu Komputer

Mahasiswa dengan latar belakang Computer Science sangat dekat penerapannya dengan Ilmu Data Science.

Para mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), serta kinerja komputer.

Jurusan ini masih sedikit peminat dan sangat diincar perusahaan. Tertarik?

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

4. Ilmu Komunikasi

Hampir di seluruh perusahaan dan perkantoran, komunikasi menjadi hal yang sangat penting. Tak heran jika ilmu komunikasi juga menjadi jurusan kampus yang bisa menarik perhatian perusahaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com