Kompas.com - 23/08/2021, 15:01 WIB
Ilustrasi pertumbuhan manusia dari bayi hingga dewasa. Pertumbuhan termasuk ciri-ciri makhluk hidup. FREEPIK/COLORFUELSTUDIOIlustrasi pertumbuhan manusia dari bayi hingga dewasa. Pertumbuhan termasuk ciri-ciri makhluk hidup.
|

KOMPAS.com - Di lingkungan sekitar pasti kita dikelilingi berbagai macam benda dan makhluk hidup. Ada yang bergerak, dan ada yang tidak bergerak.

Secara khusus mengenai makhluk hidup itu seperi manusia, hewan, tumbuhan, jamur, dan bakteri yang saling berinteraksi antara satu dengan yang lain.

Masing-masing tentu memiliki cara hidup yang berbeda, tetapi memiliki kesamaan ciri umum sebagai makhluk hidup.

Baca juga: Bagian Mata dan Fungsinya, Info bagi Siswa

Bagi siswa yang sedang belajar Biologi, berikut ini penjelasan mengenai ciri-ciri makhluk hidup secara umum. Informasi dirangkum dari laman Rumah Belajar Kemendikbud Ristek.

1. Bernapas

Bernapas (respirasi) adalah proses mengambil atau menghirup oksigen (O2) dan mengeluarkan karbondioksida (CO2) dari tubuh makhluk hidup. Oksigen digunakan untuk proses oksidasi biologi.

Oksidasi biologi adalah proses pembakaran zat makanan oleh oksigen untuk menghasilkan energi dan karbondioksida sebagai zat sisa. Proses oksidasi biologi berlangsung di dalam sel-sel tubuh.

2. Butuh nutrisi

Makhluk hidup memerlukan makanan untuk memenuhi kebutuhan akan zat makanan atau nutrisi.

Nutrisi di dalam tubuh dimanfaatkan untuk:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.