Kompas.com - 23/08/2021, 05:27 WIB
Ketua Takmir Masjid An Nur diapit dosen UPN Jogja. DOK.Dosen UPN JogjaKetua Takmir Masjid An Nur diapit dosen UPN Jogja.
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 berdampak pada tatanan kehidupan masyarakat. Banyak sektor yang terdampak hingga ke masyarakat.

Salah satu contohnya ialah Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang dulunya banyak pengunjung, kini harus dibatasi untuk menjaga protokol kesehatan.

Terkait hal itu, tim pengabdian masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta (UPN Jogja) memilih Dusun Karangmojo, Desa Purwomartani, Kalasan, Sleman karena memiliki potensi SDM yang cukup baik.

Baca juga: Dosen dan Mahasiswa Ini Mulai Berdamai dengan Pandemi

Salah satunya karena memiliki Taman Bacaan Masyarakat yang berada di sisi masjid An Nur. TBM ini juga masih ada pengunjung meski dalam masa pandemi.

Adapun tim pengabdian masyarakat UPN Jogja itu terdiri dari Ratna Widyaningsih, ST., M.Eng., (Jurusan Teknik Perminyakan), Yudhy Widya Kusumo, S.Sos., M.A., (Ilmu Komunikasi), serta Ristiyan Ragil Putradianto, S.T., M.T., (Jurusan Teknik Perminyakan).

Menurut Ketua Tim Pengabdian, Ratna, warga setempat juga memiliki satu kanal Youtube yang digarap swadaya oleh masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tentu sebagai wadah kreativitas warga dan sebagai media informasi. Dalam kanal Youtube Paduka Channel Official ini masyatakat membuat berbagai film baik yang bertajuk komedi maupun berbagai pesanan dari berbagai pihak.

Diharapakan kolaborasi Tim Pengabdian Masyarakat ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi dan menjawab tantangan di dunia yang sedang dilanda pandemi Covid-19.

"Misi kami adalah untuk memajukan masyarakat melalui taman bacaan sebagai sumber informasi dan literasi bagi masyarakat," ujar Ratna dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/8/2021).

Taman bacaan semi digital

Adapun kegiatan pengabdiannya ialah, taman bacaan dibuat bukan taman bacaan biasa melainkan semi digital yakni bisa luring maupun daring. Mengikuti kebutuhan masyarakat pada masa pandemi ini.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.