Program Pintar
Praktik baik dan gagasan pendidikan

Kolom berbagi praktik baik dan gagasan untuk peningkatan kualitas pendidikan. Kolom ini didukung oleh Tanoto Foundation dan dipersembahkan dari dan untuk para penggerak pendidikan, baik guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dosen, dan pemangku kepentingan lain, dalam dunia pendidikan untuk saling menginspirasi.

4 Kunci Sukses Komunikasi Guru dan Murid Selama PJJ

Kompas.com - 22/08/2021, 21:29 WIB
Seorang guru SMPN 7 Muaro Jambi sedang melakukan pembelajaran jarak jauh DOK. TANOTO FOUNDATIONSeorang guru SMPN 7 Muaro Jambi sedang melakukan pembelajaran jarak jauh

Oleh: Wasit Wicasono, SMPN 30 Tebo, Jambi/Fasilitator Tanoto Foundation

KOMPAS.com - Pendidikan dan pembelajaran tidak akan berhenti di tengah pandemi. Guru kreatif tidak pernah berhenti mencari cara dan solusi. Mereka selalu berusaha pembelajaran tetap berlangsung walaupun tidak tatap muka.

Kekhawatiran terhadap learning loss menambah kesadaran guru bahwa pendidikan sangat penting. Pandemi yang mengungkung, menciptakan inovasi pembelajaran baru.

Inovasi pembelajaran itu adalah pembelajaran yang terintegrasi antara ilmu pengetahuan dan teknologi serta pendidikan karakter. Silakan guru buktikan masing-masing saat pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilakukan.

PJJ sejatinya adalah pelayanan pendidikan dan pembelajaran yang bisa mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pedidikan karakter.

Saat pembelajaran dilakukan secara tatap muka, jarang terjadi guru melayani komunikasi intensif hampir 24 Jam dalam sepekan. Wajar demikian karena pada jadwal tatap muka mereka akan bertemu, dialog bahkan diskusi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun juga tidak berlebihan bila mereka juga melakukan komunikasi jarak jauh antara guru dan peserta didik.

Saat PJJ, komunikasi antara guru dan siswa lebih intensif. Dalam transformasi komunikasi, informasi, dan pembelajaran secara langsung melibatkan teknologi dan pendidikan karakter.

Baca juga: Lewat Komik, Cara Guru Evi Ajarkan Matematika Lebih Seru Selama PJJ

Empat kunci sukses PJJ

1. Komunikasi

Guru dan siswa membutuhkan informasi. Mereka akan bertanya dan menjawab. Sementara yang lainnya memperhatikan dan memberikan respon, demikian secara bergantian.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.