LPP AIK Uhamka Gelar Konferensi Internasional Islam untuk Perkuat Nilai Moderasi

Kompas.com - 19/08/2021, 21:11 WIB
Forum Internasional merupakan sarana sharing gagasan tentang moderasi Islam yang didukung dengan penelitian dan tulisan para peserta yang diselenggarakan 18-19 Agustus 2021. DOK. UhamkaForum Internasional merupakan sarana sharing gagasan tentang moderasi Islam yang didukung dengan penelitian dan tulisan para peserta yang diselenggarakan 18-19 Agustus 2021.

KOMPAS.com - Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP AIK) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) menggelar Uhamka International Conference on Moderate Islam (UICOMS) pada 18-19 Agustust 2021.

Forum Internasional yang dilaksanakan secara daring ini merupakan sarana berbagi gagasan tentang moderasi Islam yang didukung dengan penelitian dan tulisan para peserta sebelum mengikuti kegiatan. 

Rektor Uhamka, Gunawan Suryoputro mengatakan berharap konferensi ini dapat memeberikan kontribusi, tidak hanya secara akademik namun juga bagi komunitas Islam pada umumnya.

"Semoga International conference of moderate Islam yang dilaksanakan secara daring ini dapat memberi kontribusi tidak hanya di dunia akademik, namun juga bermanfaat secara menyeluruh kepada seluruh komunitas Islam," ujar Gunawan.

Ia menambahkan, "bersikap moderat merupakan watak atau karakter asli ajaran Islam yang ditunjukkan dengan keseimbangan antara orientasi dunia dan akhirat; keseimbangan antara material dan spiritual; keseimbangan antara tekstual dan kontekstual."

Baca juga: Uhamka Siap Gelar International Conference on Moderate Islam 2021

Semangat moderasi Muhammadiyah

Konferensi internasional moderasi Islam tahun ini mengusung tema "Moderate Islam: Discourses and Practices".

Terkait tema tersebut, Rektor Uhamka menjelaskan semangat moderasi antara keislaman dan kebangsaan, tidak sekadar tulisan di atas kertas.

"Sebagai manifestasi dari nilai-nilai moderat, Muhammadiyah dalam hal ini tidak sekadar menyatakan siap berdampingan dengan kelompok yang berbeda keyakinan," tegasnya.

Ia menjelaskan, Umat Islam diperintahkan mencari akhirat tapi juga tidak boleh melupakan urusan dunia; diperintahkan untuk mencari nafkah tapi juga diperintahkan untuk berbagi sehingga melahirkan kepedulian kepada sesama.

"Diperintahkan untuk membaca dan memahami Al-Quran tapi juga diperintahkan untuk melakukan korespondensi dengan perubahan dan kemajuan," ujar Gunawan mengingatkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.