Kompas.com - 19/08/2021, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Tak sedikit pelajar yang mengalami kendala finansial akibat pekerjaan orangtua yang terdampak pandemi. Termasuk mahasiswa, banyak yang alami kesulitan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Berupaya agar mahasiswa tak ada yang putus kuliah akibat masalah biaya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kembali memberikan bantuan UKT bagi mahasiswa aktif.

Penerima manfaat bantuan UKT ini adalah mahasiswa aktif yang orangtua atau penanggung biaya kuliahnya mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi covid-19, sehingga tidak sanggup membayar UKT semester Gasal tahun akademik 2021/2022.

Baca juga: Mahasiswa Bisa Dapat Bantuan UKT Rp 2,4 Juta Kemendikbud Ristek, Ini Syaratnya

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Kemendikbud Ristek Abdul Kahar, semua pimpinan perguruan tinggi diberikan kewenangan untuk menentukan penerima bantuan UKT.

“Bantuan UKT ini khusus untuk semester Gasal tahun akademik 2021/2022 dan perguruan tinggi berwenang melakukan perekrutan penerima bantuan UKT. Sasaran penerima tidak mengikat terhadap penerima pada semester sebelumnya namun tetap dapat menjadi prioritas sasaran," ujarnya dilansir dari laman resmi Puslapdik.

Ia mengatakan, tahun 2021 ini bantuan UKT menargetkan sebanyak 310.508 mahasiswa yang memperoleh bantuan tersebut.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Namun tidak semua mahasiswa menerima bantuan UKT. Ada beberapa mahasiswa yang diprioritaskan untuk menerima bantuan UKT tersebut. Berikut rinciannya:

1. Mahasiswa yang sudah menerima bantuan UKT pada semester sebelumnya dan masih memenuhi syarat dan kelayakan menerima bantuan ;

2. Mahasiswa yang mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi Covid-19 dan tidak sanggup membayar UKT semester gasal tahun akademik 2021/2022;

3. Mahasiswa yang memiliki besaran biaya UKT1 dan UKT2 di Perguruan Tinggi Negeri.;

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.