Kompas.com - 19/08/2021, 13:42 WIB
Atlet BMX Olimpiade 2020 Vineta Peterson asal Latvia dan Axelle Etienne dari Prancis yang menggunakan sepeda BMX buatan anak Indonesia. DOK.ITSAtlet BMX Olimpiade 2020 Vineta Peterson asal Latvia dan Axelle Etienne dari Prancis yang menggunakan sepeda BMX buatan anak Indonesia.

KOMPAS.com – Di balik sepeda yang digunakan atlet cabang olahraga BMX asal Prancis dan Latvia di Olimpiade Tokyo 2020, ternyata ada "tangan dingin" orang Indonesia. 

Vineta Peterson asal Latvia dan Axelle Etienne dari Prancis menggunakan sepeda BMX buatan PT Indonesia Bike Works.

 

Sepeda bermerek Thrill tersebut sudah banyak digunakan oleh para rider BMX Eropa dalam kejuaraan-kejuaraan BMX, termasuk beberapa seri UCI World Cup dan World Championship yang merupakan kasta kompetisi tertinggi bagi rider BMX dunia.

Baca juga: Cerita Wahyana, Guru SMP yang Jadi Wasit Olimpiade Tokyo 2020

Alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Bagus Chalid A Rahman merupakan sosok di balik desain sepeda ini.

Saat ini, bagus menjabat staf Research and Development (RnD) PT Indonesia Bike Works. Ia mengatakan jika sepeda yang unjuk gigi pada ajang olahraga bergengsi tersebut merupakan produk Thrill BMX Havoc pro XL.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tipe sepeda ini, merupakan versi upgrade dari seri Havoc sebelumnya yang mulai diproduksi pada tahun 2014.

"Saya yang merupakan staf RnD terlibat langsung dalam upgrade desain seri Havoc pro XL yang dipakai di ajang Olimpiade Tokyo 2020 tersebut,” ungkapnya dilansir dari laman ITS.

Baca juga: Atlet Tak Sadarkan Diri Saat Olahraga, Berikut Kata Pakar Unair

Bagus mengatakan, Thrill seri Havoc tersebut didesain khusus untuk balap sepeda BMX yang menggunakan teknologi hydroforming alloy.

Sehingga sepeda memiliki bobot yang ringan dan aerodinamis ketika digunakan untuk balapan.

“Selain itu, penerapan hitungan geometri yang pas dan sesuai membuat rider mendapatkan performa maksimal ketika berlaga,” terangnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.