Kompas.com - 18/08/2021, 10:38 WIB
Logo Universitas Padjajaran. UNPADLogo Universitas Padjajaran.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bertepatan dengan momentum Hari Kemerdekaan RI, Universitas Padjadjaran (Unpad) bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) secara resmi meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara virtual, pada Selasa (17/8/2021).

Program kolaborasi ini merupakan upaya Unpad dan ITB untuk bersama memajukan pendidikan tinggi di Indonesia sekaligus memberikan pengalaman dan kompetensi baru bagi para mahasiswa.

Baca juga: Pakar Unpad Ungkap Efek Buruk Rokok bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Peluncuran program MBKM Unpad dan ITB dilakukan langsung oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dan Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah dari kampus masing-masing.

Selain kedua Rektor, acara peluncuran juga turut dihadiri sejumlah pimpinan di lingkungan Unpad dan ITB.

Rektor Rina menjelaskan, kolaborasi antar dua perguruan tinggi besar di Indonesia pada intinya memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya.

Ada sejumlah kemampuan masa depan yang bisa ditingkatkan melalui program MBKM Unpad-ITB, yaitu kreatif, persuasif, kolaboratif, hingga kecerdasan emosional.

"Saya yakin mahasiswa Unpad dan ITB yang memanfaatkan MBKM akan bisa memperoleh skill itu dan menjadikan kualitas SDM-nya menjadi unggul pada waktu nanti mereka terjun ke masyarakat," kata dia melansir laman Unpad, Rabu (18/8/2021).

Rina mengatakan, baik Unpad maupun ITB masing-masing menawarkan mata kuliah unggulan lintas bidang keilmuan.

Jika di ITB menawarkan mata kuliah di bidang teknologi dan sains, maka Unpad menawarkan mata kuliah unggulan di antaranya pada bidang sosio humaniora.

Program mata kuliah unggulan yang ditawarkan Unpad dan ITB diyakini bisa saling melengkapi kemampuan mahasiswa.

Baca juga: ITB Terima 7.277 Mahasiswa Baru

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.