Kompas.com - 17/08/2021, 11:16 WIB
|

KOMPAS.com - Tidak hanya sampah, tetapi pencemaran sungai juga masih menjadi 'PR' bersama. Bahkan sungai kini tercemar oleh limbah rumah tangga.

Hal itu dari data Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia pada 2014 telah yang melaporkan sekitar 60-70 persen sungai di Indonesia telah tercemar limbah rumah tangga.

Padahal, sungai-sungai tersebut tidak jarang masih digunakan warga untuk kegiatan mandi, cuci dan sumber air minum.

Baca juga: Soprema UGM 2021, Menpora: Sarjana Harus Jadi Job Creator

Prihatin dengan kondisi tersebut, mahasiswa tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan alat inovasi untuk mengurangi tingkat pencemaran sungai melalui teknologi aero microbubble.

Adapun alat tersebut dikembangkan oleh Mahesa Audriansyah Agatha, Yeyen Karunia, M. Taufik Hermawan yang berasal dari Sekolah Vokasi, serta Zahratul Khasanah dari Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik dan Pamela Chanifah Prodi Kimia FMIPA.

Mereka didampingi oleh dosen pendamping Felixtianus Eko Wismo Winarto M.Sc. Ph.D., berhasil menerapkan teknologi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Dusun Drono, Desa Sardonoharjo, Ngaglik, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Mahesa, di dusun tersebut terdapat limbah yang masih mengeluarkan bau tidak sedap yang dibuang ke sungai sehingga terjadi pencemaran air.

Melalui program Aero bubble yang mereka rancang mampu mengurangi bau tidak sedap pada IPAL dengan melarutkan oksigen melalui gelembung-gelembung udara berukuran mikro dengan efektifitas yang tinggi dan merata pada permukaan air.

"Berdasarkan hasil percobaan yang tim kami lakukan untuk menghilangkan bau pada limbah IPAL komunal dengan volume 8 liter diperlukan waktu 20 menit menggunakan alat yang telah kami rancang," ujar Mahesa seperti dikutip dari laman UGM, Senin (16/8/2021).

Tak hanya itu saja, mereka juga mengembangkan energi terbarukan. Salah satunya pemanfaatan bakteri Anaerob pada IPAL sebagai penghasil biogas.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.