Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB University Beri Akses Zoom Premium Gratis untuk Mahasiswa-Dosen

Kompas.com - 12/08/2021, 15:23 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Guna mengoptimalkan kuliah daring, sivitas akademika IPB University baik dosen maupun mahasiswa kini resmi mendapatkan akun Zoom secara premium.

Direktur SITD, Julio Adisantoso mengatakan IPB University telah melanggan zoom untuk 1.500 akun dosen terhitung mulai tanggal 30 Juli 2021. Sementara untuk mahasiswa, telah disediakan sebanyak 36.550 akun.

Kapasitas setiap akun yakni 300 partisipan dengan waktu tidak terbatas (unlimited). Selain itu disediakan pula empat large meetings dengan kapasitas 1.000 partisipan yang digunakan dengan skema resources sharing.

Baca juga: Beasiswa BRI Peduli 2021 bagi Mahasiswa S1: Biaya Pendidikan dan Uang Saku

Mahasiswa lebih leluasa belajar kelompok

Asisten Direktur Sistem Informasi DSITD IPB University, Dean Apriana Ramadhan mengatakan bahwa keuntungan akun zoom tersebut tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk perkuliahan, namun dapat dimanfaatkan pula untuk belajar kelompok yang lebih panjang.

"Manfaat lainnya adalah terdapat "class meeting" bagi perkuliahan umum dan dapat digunakan bergantian. Dosen juga dapat berkolaborasi antar mata kuliah dengan penggunaan alternate host," papar Dean seperti dirangkum dari laman IPB University, Kamis (12/8/2021).

Pemberian akun zoom premium tidak hanya ditujukan bagi dosen tetap Pegawai Negeri Sipil (PNS) namun juga dosen tetap non-PNS yang masih aktif dan dosen yang telah pensiun namun memiliki Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK). Penggunaan akun premium juga ditujukan bagi mahasiswa yang masih aktif.

Julio menambahkan, sivitas akademika IPB University tidak perlu repot mendaftarkan diri karena data dosen dan mahasiswa yang tercatat di sistem IPB University akan secara otomatis dikirimkan notifikasi.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Ada Kampus Kamu?

"Langkahnya dimulai sesuai timeline, yakni mulai awal Agustus. Sivitas akademika akan mendapatkan aktivasi melalui email," paparnya.

Hal yang menjadi pokok perhatian, lanjut dia, adalah bagi sivitas yang melanggan akun personal namun dibiayai oleh RKA IPB University, harus segera ditutup dan migrasi ke academic enterprise zoom service.

"Credit zoom juga wajib ditransfer ke academic enterprise zoom service miliki IPB University. Mekanisme transfer kreditnya disarankan dengan skema refund to account yakni dikreditkan langsung ke billing milik IPB University karena lebih mudah," imbaunya kepada sivitas akademika IPB University.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com