Kompas.com - 12/08/2021, 11:52 WIB
Ilustrasi rokok dan anak-anak. THINKSTOCKIlustrasi rokok dan anak-anak.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Lima mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) memodifikasi filter rokok. Hal itu demi meredam banyaknya kasus kematian akibat asap rokok.

Mereka adalah Muhammad Fahroji, Muhamad Faqih, Widyah Puspitasari, Izza Nur Ilmiyah dari Fakultas Sains dan Teknologi 2018 dan Kamailiyah Ulfah dari Fakultas Kedokteran Hewan 2017.

Baca juga: Lima Mahasiswa Unair Ciptakan Jeli Penyembuh Diare untuk Anak-anak

Inovasi filter rokok ini diberi nama Nano Enzyme-Carbon Filter untuk mengurangi dampak buruk dari asap rokok.

Pada dasarnya tim yang lolos dalam tahap pendanaan dari Kemendikbud Ristek menyadari, banyak masyarakat yang tidak terpengaruh oleh kampanye dan dampak nyata mengenai bahaya rokok yang juga menjadi penyebab kematian di Indonesia.

"Jadi ini merupakan salah satu bentuk usaha kami sebagai peneliti muda, untuk mengurangi risiko penyakit yang ditimbulkan akibat rokok," ujar Muhammad Fahroji selaku Ketua Tim, melansir laman Unair, Kamis (12/8/2021).

Umumnya, kata dia, filter bawaan pada rokok terbuat dari Selulosa Asetat yang dipercaya dapat menyaring zat seperti Tar dan Nikotin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan komposisi berbeda, filter rokok besutan lima mahasiswa yang tergabung dalam Tim PKM RE (Riset Eksakta) Unair itu diharapkan dapat bekerja secara lebih baik.

"Pada dasarnya modifikasi yang kami lakukan bertujuan untuk memaksimalkan fungsi dari filter rokok, sehingga produk yang dihasilkan secara fungsional memiliki efektifitas yang lebih baik khususnya dalam mengurangi efek berbahaya bagi tubuh," ungkap dia.

Baca juga: Pakar Unpad Ungkap Efek Buruk Rokok bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Keistimewaan filter modifikasi ini terdapat pada penambahan beberapa senyawa, yaitu Graphene Oxide (GO), Activated Carbon (AC), dan Cooper Tannic Acid Nanozyme (Cu-Tannic Acid) yang telah diteliti memiliki kemampuan untuk menyerap zat-zat berbahaya dalam asap rokok.

Ketiga senyawa itu, dikombinasikan secara khusus dalam menyaring senyawa berbahaya pada rokok, yakni radikal bebas, senyawa karbonil, dan partikel mikro dalam rokok.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.