Kompas.com - 07/08/2021, 14:09 WIB
Ilustrasi UMKM. Dok. SHUTTERSTOCKIlustrasi UMKM.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 ini membawa pengaruh besar terhadap semua sektor. Termasuk sektor perekonomian cukup terdampak adanya pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari 1,5 tahun.

Namun di tengah guncangan dampak pandemi Covid-19 ini, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih bisa bertahan.

Sektor UMKM masih mampu penunjukkan resiliensi. Dari survey Bank Indonesia pada Maret 2021, menemukan 27,6 persen UMKM menunjukan peningkatan penjualan dan 72,4 persen lainnya penjualan stabil. Resepnya yakni strategi pemasaran digital.

Untuk membantu industri skala UMKM, mahasiswa Universitas Pertamina merancang ide bisnis "go digital" untuk UMKM di ASEAN.

Baca juga: United Tractors Buka Program Magang bagi Mahasiswa D3/S1, Yuk Daftar

Bantu pelaku UMKM go digital

Upaya ini dilakukan dengan cara pembuatan website untuk memasarkan kerajinan tangan masyarakat ASEAN ke seluruh dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mahasiswa program studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina Keista Puti Yesandi menerangkan, ide bisnis tersebut, dipresentasikan Keista dan tim pada akhir masa pertukaran pelajarnya di Malaysia Multimedia University (MMU), 17 Juli 2021 silam.

Berkat inovasinya, Keista dan tim meraih juara pertama pada kategori Web/Mobile App for Business, dan juara tiga pada kategori Business Idea.

"Ajang ini dilaksanakan setiap tahun oleh MMU. Tahun ini, temanya Edutourism-Technopreneurship for Tomorrow. Dewan jurinya adalah para dosen dari MMU dan kampus mitra MMU di ASEAN," terang Keista.

Melalui inovasi ini, Keista dan tim berharap bisa membantu meningkatkan pendapatan para pengrajin di wilayah ASEAN.

Baca juga: Bantu Petani, Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Pengusir Burung Tenaga Surya

Penjualan digital bawa perubahan

Terlebih penjualan digital untuk cendera mata khas negara ASEAN masih jarang dijumpai. Dia menambahkan, dalam laporan, Keista dan tim memproyeksikan keuntungan yang didapat berkisar 15 persen bagi masing-masing UMKM.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.