Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prospek Kerja Kuliah Keperawatan dan Pilihan Kampus Akreditasi A

Kompas.com - 06/08/2021, 15:06 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kesehatan telah menjadi fokus kebutuhan masyarakat dunia, bahkan jauh sebelum pandemi Covid-19 ada.

Itulah mengapa, dunia kesehatan akan terus menawarkan kesempatan kerja. Begitu juga dengan jurusan-jurusan kuliah kesehatan, yang dinilai masih akan terus memiliki prospek kerja menjanjikan.

Selain kedokteran, salah satu jurusan kuliah bidang kesehatan bisa kamu pilih ialah jurusan keperawatan. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan, termasuk di Indonesia.

Merangkum Pintek.id, tenaga perawat di Indonesia hanya ada sekitar 18.000 orang. Jumlah tersebut masih berada di bawah standar yang ditetapkan WHO yaitu sebanyak 27.000 tenaga perawat.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Karena faktor itulah, banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta mendirikan akademi keperawatan guna mendorong lahirnya tenaga perawat di Indonesia.

Prospek kerja lulusan Ilmu Keperawatan

Melansir Rencanamu.id, di program studi Ilmu Keperawatan, kamu akan mendapatkan ilmu sains dipadu dengan sosial. Kamu akan belajar bagaimana memberikan pelayanan kesehatan pada pasien.

Ilmu Keperawatan tersedia dalam dua jenjang studi, yaitu D3 dan S1. Jenjang D3 menekankan pada praktek keperawatan, S1 menyeimbangkan antara pendalaman teori dan praktek.

Mata kuliah yang bersifat teoritis selalu diiringi dengan praktikum, baik di laboratorium atau lapangan seperti rumah sakit, puskesmas, atau klinik.

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Di industri kesehatan, tenaga perawat sangat dibutuhkan. Tenaga perawat tidak hanya bertugas untuk mengisi pos di rumah sakit saja.

Apalagi, saat ini perawat juga sudah terspesialisasi, seperti keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan gerontik, keperawatan jiwa, keperawatan gawat darurat, manajemen keperawatan, serta keperawatan keluarga dan komunitas.

Berikut sejumlah pekerjaan yang sangat membutuhkan kehadiran perawat:

  • Ahli Epidemiologi
  • Koordinator Riset Klinis
  • Ahli Diagnosa Sonografi Medik
  • Manajer Layanan Medis dan Kesehatan
  • Asisten Dokter
  • Manajer Data Klinis
  • Peneliti Medikal
  • Paramedis dan Teknisi Medis Gawat Darurat
  • Ahli Teknologi Medis Ophthalmic
  • Instruktur Perawatan

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Ada Kampus Kamu?

Pilihan kampus Jurusan Ilmu Keperawatan Akreditasi A

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) adalah kampus yang selalu menduduki tiga besar institusi pendidikan tinggi terbaik di Indonesia.

UI juga membuka Fakultas Ilmu Keperawatan untuk jenjang Sarjana (S1), Master (S2) dan Doktoral (S3). Untuk Prodi Ilmu Keperawatan S1 juga sudah mendapatkan akreditasi A.

Sementara program S2 tersedia sejumlah Prodi seperti Kepemimpinan dan Manajemen Perawatan, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Jiwa dan Keperawatan Anak. Untuk S3 saat ini baru tersedia prodi Ilmu Keperawatan.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com