Kompas.com - 06/08/2021, 15:06 WIB
Ilustrasi perawat. ShutterstockIlustrasi perawat.

KOMPAS.com - Kesehatan telah menjadi fokus kebutuhan masyarakat dunia, bahkan jauh sebelum pandemi Covid-19 ada.

Itulah mengapa, dunia kesehatan akan terus menawarkan kesempatan kerja. Begitu juga dengan jurusan-jurusan kuliah kesehatan, yang dinilai masih akan terus memiliki prospek kerja menjanjikan.

Selain kedokteran, salah satu jurusan kuliah bidang kesehatan bisa kamu pilih ialah jurusan keperawatan. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan, termasuk di Indonesia.

Merangkum Pintek.id, tenaga perawat di Indonesia hanya ada sekitar 18.000 orang. Jumlah tersebut masih berada di bawah standar yang ditetapkan WHO yaitu sebanyak 27.000 tenaga perawat.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Karena faktor itulah, banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta mendirikan akademi keperawatan guna mendorong lahirnya tenaga perawat di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Prospek kerja lulusan Ilmu Keperawatan

Melansir Rencanamu.id, di program studi Ilmu Keperawatan, kamu akan mendapatkan ilmu sains dipadu dengan sosial. Kamu akan belajar bagaimana memberikan pelayanan kesehatan pada pasien.

Ilmu Keperawatan tersedia dalam dua jenjang studi, yaitu D3 dan S1. Jenjang D3 menekankan pada praktek keperawatan, S1 menyeimbangkan antara pendalaman teori dan praktek.

Mata kuliah yang bersifat teoritis selalu diiringi dengan praktikum, baik di laboratorium atau lapangan seperti rumah sakit, puskesmas, atau klinik.

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Di industri kesehatan, tenaga perawat sangat dibutuhkan. Tenaga perawat tidak hanya bertugas untuk mengisi pos di rumah sakit saja.

Apalagi, saat ini perawat juga sudah terspesialisasi, seperti keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan gerontik, keperawatan jiwa, keperawatan gawat darurat, manajemen keperawatan, serta keperawatan keluarga dan komunitas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.