Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Unnes Manfaatkan Limbah Ini Jadi Genteng Ramah Lingkungan

Kompas.com - 06/08/2021, 13:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu limbah pertanian ini ternyata bisa dimanfaatkan. Oleh tiga mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes), serat pelepah pisang dijadikan sebagai bahan campuran pembuatan genteng elastis dengan teknik cetak tekan.

Tiga mahasiswa itu jadi satu tim pada kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Ketua TIM PKM Elok Ana Nuraini menjelaskan awal muda ide penelitian tersebut.

Menurutnya, ide itu berawal dari beberapa permasalahan di lingkungan sekitar yaitu pembangunan tempat-tempat yang semakin meningkat.

Baca juga: Mahasiswa UGM Kembangkan Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

Disamping itu juga karena belum maksimalnya pemanfaatan limbah pertanian pelepah pisang. Untuk itu mereka mencoba melakukan penelitian.

"Seiring dengan pertumbuhan penduduk maka tidak akan memungkiri realita, sehingga peningkatan jumlah pembangunan pun akan terjadi," ujar Elok seperti dikutip dari laman Unnes, Kamis (5/8/2021).

Dijelaskan, dalam pembangunan tersebut terdapat salah satu material yang menjadi aspek penting yaitu atap, atap memerlukan kondimen berupa genteng. Disisi lain, limbah pelepah pisang belum maksimal dalam pemanfaatannya.

"Padahal pelepah pisang ini memiliki segudang manfaat, selain dibuat kerajinan dapat dijadikan bahan baku atau campuran produk penguat," imbuh Elok.

Berdasarkan informasi, serat pelepah pisang memiliki sifat mekanik yang baik karena mengandung:

1. selulosa 63-64 persen

2. hemiselulosa 20 persen

3. kandungan lignin 5 persen

Sehingga pelepah pisang baik sebagai bahan baku atau campuran produk penguat.

"Untuk itu, tim kami merasa perlu memberikan kontribusi untuk mengatasi permasalahan pemenuhan kebutuhan genteng sebagai akibat dari peningkatan pembangunan tempat-tempat dan permasalahan pemanfaatan limbah pertanian pelepah pisang yang belum maksimal," jelasnya.

Karenanya, ia berharap dalam kegiatan PKM ini dapat memberikan informasi dan wawasan terbaru kepada masyarakat.

Baca juga: Ini Syarat dan Cara Daftar Bantuan UKT Rp 2,4 Juta Kemendikbud Ristek

Tentu mengenai pemanfaatan limbah pertanian pelepah pisang sebagai upaya mengatasi kebutuhan genteng ramah lingkungan yang meningkat.

Adapun tim lain ialah Leni Sintawati dan Luthfi Hanum Saputri yang semuanya dari Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com