Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2021, 11:20 WIB

KOMPAS.com - Tak sedikit siswa yang enggan melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi karena faktor biaya. Tidak dipungkiri jika ekonomi masih menjadi alasan banyak siswa di Indonesia ketika tidak bisa melanjutkan pendidikan.

Tetapi, ada banyak cara meraih impian ke jenjang perguruan tinggi. Misalnya, dengan mencari beasiswa.

Seperti kolaborasi antara Danacita dengan Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang menghadirkan program beasiswa digital senilai Rp 3,6 Miliar untuk 300 mahasiswa terpilih.

Sebagai platform pembiayaan pendidikan yang bertujuan memperluas akses pendidikan tinggi, Danacita telah berhasil memberikan solusi pembiayaan bagi ribuan pelajar untuk dapat kuliah di kampus pilihan mereka di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia. Hal ini sudah dilakukan sejak 2018 dan Danacita sendiri sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Baca juga: Beasiswa LPDP Tahap 2 Sudah Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Untuk program beasiswa kuliah secara penuh atau 100 persen bagi lulusan SMA/SMK sederajat. Melalui Program bernama Beasiswa Digital, akan membantu para pelajar menempuh kuliah di beberapa program studi UNM, yaitu Manajemen, Data Sains dan Bisnis Digital pada tahun Akademik 2021/2022 ini.

Direktur Utama Danacita, Alfonsus Wibowo menjelaskan bahwa kerjasama ini dilakukan sejalan dengan misi besar Danacita, yaitu Making Education Affordable yang juga sejalan dengan komitmen dari UNM untuk melahirkan generasi muda yang berkualitas serta bertalenta digital di masa mendatang.

"Adanya kesempatan untuk meluncurkan program Beasiswa Digital dengan pihak UNM juga merupakan bagian dari komitmen besar kami untuk memperluas akses pendidikan bagi seluruh anak bangsa," katanya, dalam jumpa pers secara daring, Rabu (4/8/2021).

Alfonsus mengatakan, Program Beasiswa Digital yang digelontorkan bersama UNM ini mencapai Rp 3,6 miliar untuk 300 calon mahasiswa terpilih yang telah disaring dengan beberapa kriteria.

Baca juga: BCA Buka Kuliah Gratis Bisnis Perbankan 2022 bagi Lulusan SMA-SMK

Penerima Beasiswa Digital akan dibebaskan biaya pendidikannya pada semester 1 dan 2. Untuk semester 3 dan seterusnya, beasiswa diberikan berdasarkan capaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari mahasiswa.

Beasiswa ini terbuka luas untuk sobat milenia. Dengan syarat, wajib mengikuti ujian saringan, dan melakukan pendaftaran melalui aplikasi PMB Nusa Mandiri terlebih dahulu. Calon mahasiswa akan mendapatkan form seleksi beasiswa setelah lolos ujian saringan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+