Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2021, 14:23 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Percepatan pertumbuhan entrepreneurship atau kewirausahaan terus didorong guna mengejar jumlah entrepreneur muda Indonesia yang dirasakan masih kurang jika dibandingkan negara Asia lain.

Padahal, entrepreneur muda memiliki potensi menjadi penguat ekonomi Indonesia di masa mendatang, terlebih dengan semakin maraknya digitalisasi yang menjadi kekuatan generasi milenial.

Terkait hal itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) kembali menorehkan prestasi dengan berhasil meloloskan tiga tim perwakilan FEB Uhamka dalam Final Unilever Entrepreneurship Bootcamp (UEB) tingkat Nasional 2021.

Pergelaran Unilever Entrepreneurship Bootcamp (UEB) Season 1 bertajuk “Accelerating Your Business Growth” merupakan program pengembangan wirausaha muda dengan nilai dan prinsip keberlanjutan (sustainability) untuk mendukung pengembangan industri halal dan perekonomian Syariah di Indonesia.

Baca juga: Dosen dan Mahasiswa Ini Mulai Berdamai dengan Pandemi

Jawab tantangan industri 4.0 dan Kampus Merdeka

Mahasiswa FEB Uhamka yang berhasil masuk sebagai finaslis Unilever Entrepreneurship Bootcamp 2021 adalah:

  • Fitri Yani Nasution (O.KeyDay),
  • Azhar Luthfi (Reylie), dan
  • Putri Adriyani Hanifah (Aprainoodles). 

Menurut Zulpahmi, Dekan FEB Uhamka Unilever Entrepreneurship Bootcamp (UEB) Season 1 bagian dari tanggapan mahasiswa dalam menjawab tantangan dunia bisnis di tengah tuntutan revolusi industri 4.0 dan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Di bootcamp ini, mahasiswa akan berkesempatan untuk konsultasi langsung dengan para mentor dari dunia usaha yang ahli di bidangnya, serta akses networking dengan stakeholders strategis yang bisa membantu mengakselerasi usaha," jelas Zulpahmi.

"Semoga hal ini dapat membawa maslahat bagi masyarakat dan lingkungan,” harapnya.

Program Unilever Entrepreneurship Bootcamp (UEB) terdiri dari berbagai rangkaian acara, di antaranya: Onboarding, Workshop, Coaching Presentation, Coaching, Prework and Preparation, dan terakhir Demo Day.

Edi Setiawan, Wakil Dekan 3 FEB Uhamka memberikan dukungan penuh atas capaian ketiga tim FEB Uhamka yang lolos masuk final hingga tahap final, Demo Day Unilever Entrepreneurship Bootcamp (UEB) Season 1.

“Kami doakan mereka mampu memberikan presentasi yang terbaik. Insya Allah ini ikhtiar yang patut diapresiasi,” ungkap Edi.

Lebih lanjut Edi menjelaskan, kegiatan UEB 2021 diikuti 58 peserta, namun yang berhasil mencapai tahap akhir, yaitu tahap Demo Day hanya 25 peserta. "Diantaranya 25 peserta tersebut 3 tim adalah mahasiswa dari FEB Uhamka," tutup Edi bangga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com