Kompas.com - 03/08/2021, 10:25 WIB
Universitas Sebelas Maret Surakarta Situs UNSUniversitas Sebelas Maret Surakarta
|

KOMPAS.com - Sebanyak 3.767 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) bakal mengikuti KKN Tematik Membangun Desa, Agustus hingga September 2021.

Menurut Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, kegiatan ini sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yakni membantu dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, nampaknya tidak menyurutkan nyali dan semangat para dosen dan mahasiswa untuk tetap mengabdi dan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat," terang Prof. Jamal pada Pelepasan Mahasiswa KKN Tematik UNS Membangun Desa secara daring, Selasa (3/8/2021).

Baca juga: Peduli Covid, UNS Siapkan 2 Rumah Sehat bagi Pasien Isoman

Mahasiswa dan masyarakat, lanjut Rektor UNS, adalah dua sisi dan sekeping mata uang. Artinya, mahasiswa pada hakekatnya merupakan representasi dari masyarakat yang selanjutnya disebut sebagai komunitas intelektual.

Tentu mahasiswa sudah selayaknya mendarmabhaktikan hidupnya semata-mata untuk kepentingan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan masyarakat sejatinya ingin diajak untuk menemukan solusi dan potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan daerah yang dikunjungi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diadakannya KKN Tematik itu, menurut Rektor UNS karena sebagian besar masyarakat sedang dihadapkan pada krisis multidimensi, sebagai akibat dari tekanan berat Pandemi Covid yang sampai sekarang belum juga usai.

"Oleh karena itu, sangat tepat kiranya, jika jurus untuk mengatasi problem multidimensi adalah dengan pendekatan mulidisiplin," terang Prof. Jamal.

Rektor juga berpendapat bahwa dosen dan mahasiswa adalah aset berharga yang dimiliki bangsa ini dan yang dapat melakukan multiperan, termasuk dalam membantu penanggulangan bencana.

Baca juga: PPKM Darurat Jawa Bali, Bagaimana Kuliah Tatap Muka? Ini Skema Rektor UNS

Apalagi harapan besar masyarakat terhadap kemampuan dosen dan mahasiswa sebagai pemberi solusi masih sangat tinggi, karena kalangan akademisi dianggap tahu segalanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.