Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2021, 17:08 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Setelah menjadi satu satunya kampus di Indonesia yang berhasil masuk ke dalam daftar peringkat Times Higher Education (THE) Young University Rankings 2021, Telkom University (Tel-U) menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia pada pemeringkatan Webometrics 2021.

Dilansir dari laman resmi Webometrics, Tel-U kembali berhasil menempati peringkat pertama untuk PTS di Indonesia, sebagai perguruan tinggi yang memiliki kuantitas dan kualitas konten website yang baik.

Sedangkan untuk keseluruhan, Tel-U menempati peringkat ke-6 di Indonesia serta peringkat ke 1.416 dunia versi Webometrics.

Webometrics merupakan sebuah pemeringkatan institusi pendidikan tinggi terbesar di dunia yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website yang dinilai berdasarkan keterbukaan akses, jumlah peneliti atau dosen, dan jumlah publikasi yang mengutip informasi dari situs universitas tersebut dan diperbaharui setiap enam bulan.

Baca juga: Mahasiswa, Ketahui Profesi Paling Bersinar 5 Tahun ke Depan

Sebelumnya, Tel-U juga berhasil menduduki peringkat 1001+ dunia dalam pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR), di mana Tel-U menjadi satu satunya PTS yang masuk 9 besar bersanding dengan universitas terbaik di Indonesia yang semuanya adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Selain itu, berdasarkan Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) 2022, Tel-U berhasil masuk dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan overall score di angka 8.1.

Skor tersebut didapatkan berdasarkan beberapa aspek penilaian di antaranya Academic Reputation (5), Employer Reputation (6.2), Citation per Faculty (1.3), Faculty Student (24), International Faculty (4.8) dan International Students (2.4).

Rektor Telkom University, Adiwijaya mengatakan bahwa capaian yang diraih Tel-U dari tahun ke tahun merupakan bentuk komitmen Tel-U dalam memberikan mutu pendidikan yang baik untuk bangsa ini.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Ada Kampus Kamu?

Menurutnya, generasi emas yang menjadi visi bangsa ini dihasilkan dari perguruan tinggi berkualitas di dalamnya.

“Ini merupakan sebuah komitmen kami untuk terus membuat mutu pendidikan tinggi di Indonesia lebih baik, dan semoga dari capaian ini bisa memotivasi seluruh sivitas akademika dalam memberikan yang terbaik untuk kampus ini dan untuk bangsa Indonesia," ucap Adiwijaya seperti dirangkum dari laman resmi Teklom University, Senin (2/8/2021).

Ucapan terima kasih juga disampaikan Adiwijaya kepada seluruh sivitas akademika yang telah mengharumkan nama Tel-U baik secara nasional dan Internasional.

“Terima kasih kepada seluruh sivitas akademika yang telah bekerja keras dalam mengharumkan nama Tel-U, di tengah pandemi ini semoga kita selalu diberikan kesehatan agar bisa terus mencetak generasi yang baik untuk bangsa ini," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com