Kompas.com - 02/08/2021, 16:14 WIB
Ilustrasi Cyber Crime ShutterstockIlustrasi Cyber Crime
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Cyber crime atau kejahatan siber menjadi salah satu jenis kejahatan yang mengalami peningkatan cukup tinggi di masa pandemi Covid-19.

Modusnya kian beragam, seperti oknum yang meminta sumbangan dengan mengatasnamakan korban pandemi Covid-19, pencurian data, dan pembobolan rekening.

Baca juga: UI Kampus Terbaik ke-9 di Asia Tenggara Versi Webometrics 2021

"Hal ini merupakan yang harus di waspadai secara bersama mengingat tindak kejahatan (cyber crime) ini semakin masif dilakukan di masa pandemi Covid-19," ujar Dosen dari Departemen Kriminologi FISIP UI, Bhakti Eko Nugroho melansir laman UI, Senin (2/8/2021).

Dia mengungkapkan, cyber crime adalah segala aktivitas ilegal yang digunakan pelaku kejahatan dengan menggunakan teknologi sistem informasi jaringan komputer yang secara langsung menyerang teknologi sistem informasi dari korban.

Namun, kata dia, secara lebih luas kejahatan siber bisa juga diartikan sebagai segala tindak ilegal yang didukung dengan teknologi komputer.

Dia menyebut, target pelaku adalah device, hardware, software atau juga data personal dari korban.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sifat dari cyber crime ini adalah baik pelaku maupun korbannya sama-sama invisible atau tidak terliha.

Hal ini yang membuat jenis cyber crime punya kompleksitas sendiri.

Baca juga: Guru Besar UI Ungkap Risiko Interaksi Obat bagi Pasien Covid-19

"Pelaku potensial dari jenis cyber crime ini, dia bisa dari kelompok yang geologis ataupun kelompok yang berbisnis secara ilegal dan individu tertentu," kata Bhakti.

Lanjut Bhakti menjelaskan, keuntungan pelaku di aktivitas cyber crime adalah anonimitas pelaku lebih mudah menyembunyikan identitas mereka.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.