Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2021, 14:32 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Samsul Huda, alumnus SMK Negeri 1 Blitar, Jawa Timur, berhasil mematahkan anggapan kalau lulusan SMK umumnya tak melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi karena akan langsung bekerja.

Samsul kini berhasil menyandang gelar doktor di usia muda dan menjadi inspirasi bagi siswa SMK bahwa kesuksesan bisa menjadi milik siapa saja yang berusaha.

Saat SMK, Samsul menempuh pendidikan vokasi pada bidang keahlian teknik audio video yang berada di bawah departemen elektro.

“Jurusan ini adalah jurusan yang khusus mempelajari bagaimana memperbaiki reparasi peralatan rumah tangga. Selain belajar teori dan produktif, ia juga diwajibkan magang atau praktik kerja industri yang dilaksanakan di tahun kedua,” ujar Samsul pada “Bincang Santai Vokasi Hebat” yang diselenggarakan oleh Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya beberapa waktu lalu, seperti dilansir dari laman Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Baca juga: Cerita Lulusan SMK Buka Bisnis Kuliner Beromzet Rp 150 Juta Per Bulan

Ia bercerita, selama belajar di SMK, program yang diterapkan selama satu semester dibagi antara pemenuhan mata pelajaran teori dengan produktif, yaitu praktik di bengkel.

Di tahun pertama dan kedua, lanjut Samsul, SMK Negeri 1 Blitar membekalinya dengan pembelajaran bagaimana membaca komponen dan resistor.

Kemudian di tahun ketiga, pencapaian paling tinggi pada saat itu adalah bagaimana bisa mereparasi televisi.

Samsul pun terus berupaya untuk mengulik pendidikan vokasi melalui beasiswa Bidikmisi, dirinya dapat melanjutkan kuliah vokasinya di Jurusan Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Surabaya (PENS).

“Ketika SMK itu inginnya setelah lulus, langsung bekerja. Artinya, anggapan kita biaya untuk sekolah itu bisa sampai saya lulus. Alhamdulillah, ketika saya lulus SMK tahun 2010 itu muncul Bidikmisi yang diinisiasi oleh Pak Susilo Bambang Yudoyono dan Muh.Nuh. Dengan beasiswa Bidikmisi ini saya dibiayai total. Untuk saat ini, program Bidikmisi tersebut dialihkan menjadi KIP Kuliah,” ungkap Samsul.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Tidak hanya itu, semangat Samsul terus menyala hingga akhirnya ia mengikuti berbagai perlombaan karya tulis ilmiah dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Bahkan, ia sempat masuk dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Beragam usaha yang dilakukan membuka peluang jejaring Samsul dalam kariernya di bidang vokasi.

Setelah itu, Samsul mencoba lomba karya ilmiah lainnya, yaitu soal keamanan jaringan yang diselenggarakan oleh Badan Cyber di Politeknik Siber dan Sandi Negara.

“Ada rentetan ketika saya masuk PIMNAS, kemudian saya coba di LKTI ini, saya diundang di seminar yang diadakan Kominfo. Akhirnya, saya dihubungi oleh Kominfo untuk mengisi di "Indonesia IT Security Conference", sehingga membuka lagi untuk membangun jaringan dan personal branding,” ujar Samsul.

Berbekal dengan pengalaman dan prestasinya, Samsul pada akhirnya mendapatkan beasiswa kembali untuk melanjutkan studi S2 terapan di PENS dalam program beasiswa fresh graduate. Beasiswa ini merupakan beasiswa yang membiayai uang semester.

Sementara itu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, Samsul membantu riset-riset yang dilakukan oleh dosennya.

Baca juga: Mahasiswa, Ketahui Profesi Paling Bersinar 5 Tahun ke Depan

Beruntung, Samsul juga mendapatkan beasiswa LPDP Tesis, sehingga meringankan biaya pada saat melakukan riset untuk tesisnya.

Saat menempuh pendidikan di S2 terapan, Samsul sempat mengikuti program pertukaran pelajar ke Okayama University. Alhasil, Samsul juga mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi doktoral di Okayama University, Jepang, dengan beasiswa.

“Tidak masalah untuk memulai semuanya dari pendidikan vokasi. Karena, melalui pendidikan vokasi juga bisa untuk menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” jelas Samsul yang merupakan Dosen di Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com