Kompas.com - 30/07/2021, 20:30 WIB
Pakar IPB Inovasi Kayu Putih Permen Pelega Tenggorokan Dok. IPB UniversityPakar IPB Inovasi Kayu Putih Permen Pelega Tenggorokan

KOMPAS.com - IPB University menjalin kerja sama dengan PT Sanggar Sehat Sejahtera untuk komersialisasi inovasi Cajuput Candy.

Cajuput Candy merupakan inovasi permen kayu putih karya Prof Hanny Wijaya, Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian IPB University.

Sejak 1996, Prof Hanny mulai mengembangkan produk pangan fungsional dari tanaman kayu putih sebagai permen pelega tenggorokan.

Minyak kayu putih hasil penyulingan daun dan ranting tanaman kayu putih, jelas Prof Henny, dipercaya sebagai obat tradisional turun temurun.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Permen pelega tenggorokan bernama "Cajuputs Candy" ini mampu menekan viabilitas streptococcus mutan penyebab karies gigi, candida albicans penyebab infeksi di rongga mulut (sariawan), juga porphyromonas gingivalis penyebab bau mulut (halitosis).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Permen yang telah mendapatkan nomor paten tersebut dibuat dari campuran minyak atsiri kayu putih yang dipasok dari Pulau Buru, peppermint, air, sirup glukosa dan sukrosa.

“Saya merasa bangga dan terharu setelah perjalanan yang sangat panjang dengan suka dukanya. Banyak sekali pengorbanan tapi juga kebahagiaan dari cajuput candy. Mudah-mudahan dengan kerja sama ini tidak hanya melahirkan benefit dari sisi ekonomi, tapi juga benefit psychological bagi para dosen dan peneliti lain,” tutur Prof Hanny, seperti dirangkum dari laman IPB University, Jumat (30/7/2021).

Kepala Lembaga Kawasan Sains Teknologi (LKST) IPB University, Erika B Laconi mengungkapkan kerja sama ini sebagai pembuka jalan bagi inovasi IPB University dapat diserap industri.

Dengan langkah itu, lanjut dia, inovasi yang dihasilkan di kampus akan dapat tersebar luas di masyarakat.

Baca juga: Peneliti IPB: Jahe, Kunyit, dan Temulawak Bisa Obati 30 Jenis Penyakit

“Ini adalah hari bahagia bagi IPB University. Kami bahagia karena hari ini cajuput candy dapat dikerjasamakan dengan perusahaan yang nanti akan memproduksi hasil karya inovator kami. IPB University akan terus menjalin kerja sama agar hasil karya inovator dapat terus berperan di masyarakat,” tutur Erika.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.