Kompas.com - 30/07/2021, 15:21 WIB
Ilustrasi obat antivirus untuk Covid-19. Oseltamivir dan Azithromycin sebagai obat perawatan pasien Covid-19. ShutterstockIlustrasi obat antivirus untuk Covid-19. Oseltamivir dan Azithromycin sebagai obat perawatan pasien Covid-19.

KOMPAS.com - Isolasi mandiri (isoman) boleh dilakukan pasien Covid-19 atas petunjuk tenaga kesehatan (nakes). Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 disertai dengan gejala ringan atau tanpa gejala, lebih diprioritaskan untuk isoman.

Meski begitu, masyarakat tetap membutuhkan berbagai vitamin atau obat-obatan guna menjaga kondisi kesehatan mereka.

Tentu, saran obat-obatan ini sesuai dengan saran dan petunjuk nakes. Tidak boleh dibeli atas diagnosis sendiri. Namun, untuk mendapatkan obat-obatan ini bisa melalui berbagai cara. 

Baca juga: Cerita Indra Rudiansyah, Alumnus ITB yang Bergabung di Tim AstraZeneca

Salah satu epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair), Laura Navika Yamani mengatakan terdapat beberapa cara agar masyarakat mendapat vitamin maupun obat-obatan selama isoman.

Manfaatkan program Kemenkes

Laura mengatakan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah menyediakan layanan konsultasi dan paket obat gratis bagi masyarakat terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani isoman.

Hingga saat ini, program tersebut telah tersebar pada beberapa kabupaten atau kota di Pulau Jawa dan Bali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam menjalankan program itu, tambah Laura, Kemenkes menjalin kerja sama dengan 11 platform telemedicine dan apotek Kimia Farma. Adapun 11 platform telemedicine tersebut diantaranya:

  • Halodoc
  • YesDok
  • Alodokter
  • Klik Dokter
  • SehatQ
  • Good Doctor
  • Klinikgo
  • Link Sehat
  • Milvik
  • Prosehat
  • Getwell.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Buka Program RPL, Masyarakat Putus Kuliah Bisa Lanjut S1-S2

Selain itu, Kemenkes juga menjalin kerja sama dengan jasa pengiriman SiCepat untuk mengambil paket vitamin dan obat-obatan dari apotek Kimia Farma.

Nantinya, paket vitamin dan obat-obatan tersebut akan dikirim ke alamat pasien sesuai data yang dimasukkan ke dalam website.

“Jadi masyarakat dapat memanfaatkan program dari Kemenkes di mana hanya perlu mengunjungi link https://isoman.kemkes.go.id dan memberikan data terkait kondisinya, apakah tergolong tanpa gejala atau bergejala ringan,” jelasnya dilansir laman Unair.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.