Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2021, 15:00 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai bentuk kepedulian pada sesama terutama dalam penanganan pandemi Covid-19, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.

Adapun KKN Tematik sebagai Pendorong Perubahan Perilaku dan Penanganan Dampak Covid-19 digelar untuk Periode Juli-Agustus 2021.

Kegiatan ini merupakan wujud kebersamaan Unsoed dalam mendukung program pemerintah serta bersama-sama masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 7 Cara Belajar Lebih Produktif

Melansir laman resmi Unsoed, Kamis (29/7/2021), kegiatan KKN Periode Juli-Agustus ini diselenggarakan di wilayah Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas.

"Mengingat sifat, kondisi dan keadaan yang khas, maka dalam pelaksanaan KKN Tematik kali ini bersifat kesukarelaan," ujar Ketua LPPM Unsoed, Prof. Dr. Rifda Naufalin, MP., seperti dikutip dari laman Unsoed.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga dipersyaratkan memiliki surat izin dari orangtua dan izin dari wilayah lokasi kegiatan.

Sehingga, bagi mahasiswa yang tidak ikut serta dalam kegiatan pada periode kali ini dapat mengikuti pada periode pelaksanaan berikutnya.

"Kegiatan KKN Tematik ini diselenggarakan secara hybrid yaitu dapat dilakukan secara daring dan luring terbatas," jelasnya.

Adapun kegiatan yang dilakukan secara daring seperti kegiatan:

  • pendampingan belajar siswa SD
  • penyebaran video edukasi penanganan covid
  • penyuluhan-penyuluhan

Baca juga: Isi Daya Mobil Listrik, Mahasiswa UB Manfaatkan Sel Surya

Sedangkan kegiatan yang diijinkan dilakukan luring terbatas adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa domisili asli, dilakukan secara individual dan tidak berkelompok bersama Satgas Covid setempat seperti:

  • pembagian APD
  • penegakan disiplin prokes bersama satgas setempat
  • pendataan keluarga kurang mampu

Tidak hanya itu, mahasiswa juga tidak diperkenankan untuk mengikuti, menyelenggarakan atau memfasilitasi kegiatan menghimpun, mengumpulkan atau menimbulkan kerumunan di masyarakat serta seluruh kegiatan yang dikategorikan melanggar aturan PPKM.

Sebelum ikut KKN Tematik, mahasiswa terlebih dahulu dibekali materi isi dan proses terutama terkait dengan testing, tracing, dan treatment, 5 M dan prosedur isolasi mandiri yang akan disampaikan kepada masyarakat lokasi KKN.

Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa KKN Unsoed dapat menjadi Duta Pendorong Perubahan Perilaku dan Penanganan Dampak Covid-19 di daerahnya masing-masing.

Sementara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Kuat Puji Prayitno, SH., MHum., berpesan agar mahasiswa untuk selalu menaati protokol kesehatan.

Baca juga: Guru Besar Unair Ungkap 5 Tips Isolasi Mandiri yang Benar

Selain itu, juga agar bersama-sama pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat, dalam mendukung upaya-upaya pengendalian dan penanggulangan pandemi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com