Kompas.com - 30/07/2021, 14:32 WIB
Ilustrasi vaksin AstraZeneca, dosis vaksin AstraZeneca, vaksin adenovirus, vaksin Covid-19. Shutterstock/Dimitris BarletisIlustrasi vaksin AstraZeneca, dosis vaksin AstraZeneca, vaksin adenovirus, vaksin Covid-19.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Peneliti vaksin AstraZeneca asal Indonesia sekaligus alumnus ITB, Indra Rudiansyah, mengaku membuat vaksin itu tidaklah mudah karena banyak tantangan yang terjadi.

Apalagi pembuatan vaksin memerlukan teknologi yang terbaik dan pengetahuan studi klinis dari orang-orang terhebat dunia.

Baca juga: Pakar Unair Soroti Perebutan Jenazah Covid-19

Namun, dia sangat menyayangkan, saat pembuatan vaksin itu sulit, justru ditimpa berita atau informasi bohong (hoaks) yang marak di kalangan masyarakat.

"Jadi saya meluruskan keliruan yang ada, karena maraknya hoaks soal vaksin. Saya sendiri sangat jelas mengetahui apa itu kandungan dari masing-masing vaksin," ucap dia dalam bincang media secara virtual, Kamis (29/7/2021).

Dia mencontohkan seperti isu ada chip dalam vaksin Covid-19 yang ramai beredar.

Hal itu karena keterlibatan orang nomor satu di Microsoft, yakni Bill Gates, dalam mendorong pelaksanaan vaksin itu terjadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari situlah munculnya hoaks vaksin Covid-19

"Mungkin karena beliau latar belakangnya IT, dikaitkan dengan isu chip. Jadi tidak benar kalau mengandung chip," kata dia.

Dia menegaskan, memang vaksin mengandung bahan dari virus yang sudah dimatikan atau dilemahkan.

Namun, ada juga beberapa vaksin yang diberi tambahan.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.