Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Unair Soroti Perebutan Jenazah Covid-19

Kompas.com - 29/07/2021, 11:34 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu masyarakat dikejutkan dengan peristiwa perebutan paksa jenazah Covid-19 di berbagai daerah seperti Bondowoso, Situbondo, Jember, dan beberapa daerah lain.

Hal tersebut terjadi akibat beredarnya kabar di kalangan masyarakat bahwa pasien yang meninggal di rumah sakit akan dianggap sebagai kasus Covid-19.

Baca juga: Dosen Unair: Jangan Abaikan Fungsi Rongga Mulut, Ini Bahayanya

Dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair), Gatot Soegiarto menjelaskan, saat pandemi seperti ini mekanisme penerimaan pasien baru di rumah sakit dengan sebelum pandemi memiliki perbedaan.

"Sebelum pandemi ini memang tidak ada keharusan bagi pasien di rumah sakit untuk melakukan screening apakah menderita penyakit menular atau tidak," ucap dia melansir laman Unair, Kamis (29/9/2021).

Akibat adanya pandemi, kata dia, maka mekanisme penerimaan pasien baru di rumah sakit tentu berbeda.

Screening awal yang dilakukan oleh dokter dan tenaga kesehatan ini merupakan cara yang dilakukan untuk mitigasi dampak pandemi.

Ketika Covid-19, sebut dia, banyak fakta dokter dan tenaga kesehatan ternyata ikut terpapar yang tidak jarang membutuhkan perawatan di ICU dan meninggal dunia.

"Karena itulah dalam rangka mitigasi dampak pandemi perhimpunan profesi menyarankan untuk menggunakan alat pelindung diri yang lebih tinggi," ucap Gatot.

Selain penggunaan alat pelindung diri yang lebih tinggi, rumah sakit juga mewajibkan screening bagi semua pasien baru baik yang datang dengan gejala khas Covid-19 atau penyakit tidak spesifik lainnya.

"Nyatanya ada juga ibu hamil yang datang untuk melahirkan ternyata positif Covid-19, pasien yang datang dengan keluhan pada kulit, mata, gastrointestinal atau trauma akibat kecelakaan kemudian terbukti positif Covid-19," jelas dia.

Baca juga: Daftar Provinsi dengan Kasus Tertinggi Covid-19 pada Anak Usia Sekolah

Gatot menjelaskan, tes rapid antigen yang dilakukan hanya membutuhkan waktu 30 sampai 45 menit untuk melihat hasilnya. Tapi, tes ini bisa juga menghasilkan negatif palsu.

"Sehingga pasien yang gejalanya sangat mengarah ke gejala Covid-19 hasilnya negatif akan tetap diperlakukan sebagai pasien berisiko tinggi dan harus dilayani dengan prosedur yang berlaku. Hal ini saja sudah banyak menimbulkan kecurigaan masyarakat," ungkapnya.

Pemeriksaan swab PCR yang hasilnya lebih akurat terkendala waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasilnya.

Untuk mendapatkan hasil swab PCR dibutuhkan waktu lebih dari 24 hingga 48 jam.

"Jadi jika kondisi pasien gawat dan perlu penanganan segera atau bahkan meninggal di IGD atau ruang isolasi, tetapi hasil PCR belum keluar hal ini sering menjadi pertentangan antara pihak rumah sakit dan keluarga pasien," tuturnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com