Kompas.com - 27/07/2021, 15:36 WIB
Arif Satria saat menjelaskan jalur masuk maba 2021 melalui kanal youtube IPB DOK.IPB UniversityArif Satria saat menjelaskan jalur masuk maba 2021 melalui kanal youtube IPB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan terjadinya krisis multi-dimensional yang memunculkan berbagai persoalan dan tantangan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, baik di aras lokal, nasional maupun global.

Kehadiran Covid-19 turut memberikan dampak di berbagai bidang termasuk bidang pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi, politik dan keamanan.

Baca juga: Daftar Provinsi dengan Kasus Tertinggi Covid-19 pada Anak Usia Sekolah

"Kami mengapresiasi langkah-langkah konkrit perguruan tinggi dalam membantu mengatasi pandemi Covid-19 selama ini," kata Ketua Forum Rektor Indonesia, Prof. Arif Satria dalam keterangannya, Selasa (27/7/2021).

Namun demikian, dia terus mengajak perguruan tinggi agar terus berperan melalui sinergi dengan pemerintah, swasta, dan masyarakat.

Enam langkah bantu pandemi Covid-19

Arif pun menerangkan beberapa langkah yang masih perlu didorong.

Pertama, membantu peningkatan kemampuan testing dengan percepatan waktu untuk mendapatkan hasil dengan target 500.000 tes PCR per hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, dia mengaku, pemetaan kapasitas peralatan dan sumber daya manusia (SDM) yang tersedia di perguruan tinggi harus segera dilakukan.

Arif menerangkan, koordinasi untuk memanfaatkan potensi besar dari perguruan tinggi dalam membantu pemerintah dan pemerintah daerah perlu ditingkatkan.

Baca juga: Aksi Nyata UGM Bantu Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19

Kedua, memaksimalkan semua potensi dokter dan tenaga kesehatan di fakultas kedokteran, pendidikan tinggi di bidang kesehatan, dan rumah sakit universitas.

Dengan demikian, diharapkan agar semua siap menjadi pendamping isolasi mandiri dari semua pasien yang sudah terkonfirmasi hasil PCR tesnya positif.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.