Kompas.com - 27/07/2021, 13:31 WIB
Ilustrasi air kelapa dan kesembuhan pasien Covid-19, manfaat air kelapa. SHUTTERSTOCK/Here AsiaIlustrasi air kelapa dan kesembuhan pasien Covid-19, manfaat air kelapa.
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia hingga kini belum juga usai. Bahkan di Indonesia kasus pasien yang terinfeksi Covid terus meningkat.

Karenanya, banyak masyarakat di Indonesia yang melakukan isolasi mandiri sering mendapatkan misleading informasi. Atau bahkan muncul informasi hoaks.

Seperti minuman, makanan, dan suplemen yang “berlabel” dapat menyembuhkan Covid-19 langsung diserbu dan dicoba masyarakat tanpa mengetahui kebenarannya.

Baca juga: Lowongan Kerja PT Pindad bagi Mahasiswa dan Alumni UGM, Ini Link-nya

Salah satu yang marak diperbincangkan saat ini ialah campuran air kelapa muda, jeruk nipis, dan garam.

Menanggapi hal itu, Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Zullies Ikawati, Ph.D., Apt., memberikan penjelasan.

Menurutnya, campuran air kelapa muda, jeruk nipis, dan garam tidak bisa diklaim secara spesifik untuk menyembuhkan Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Secara umum air kelapa, jeruk nipis, dan berbagai minuman herbal jika diminum saat Covid-19 boleh saja," ujarnya seperti dikutip dari laman UGM, Selasa (27/7/2021).

"Namun memang tidak secara khusus memberikan efek untuk menghilangkan virus Covid," imbuhnya.

Dijelaskan, air kelapa sebenarnya dikenal mengandung air, unsur gula, beberapa vitamin, mineral dan asam amino dengan konsentrasi yang kecil.

Secara umum air kelapa menyegarkan dan sehat. Sedangkan jeruk nipis juga dapat memberikan manfaat yang cukup banyak serta menyehatkan.

Baca juga: Beasiswa Anak Pegawai UGM, Ini Syaratnya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.