Kompas.com - 26/07/2021, 17:39 WIB
IPhO ke-51 digelar secara daring di Vilnius, Lithuania pada 17-25 Juli 2021 dan diikuti 386 siswa dari 80 negara. Lima perwakilan siswa Indonesia seluruhnya meraih medali dalam Olimpiade Fisika Internasional tahun ini. DOK. IPhO/PUSPRESNASIPhO ke-51 digelar secara daring di Vilnius, Lithuania pada 17-25 Juli 2021 dan diikuti 386 siswa dari 80 negara. Lima perwakilan siswa Indonesia seluruhnya meraih medali dalam Olimpiade Fisika Internasional tahun ini.

KOMPAS.com - Meski harus menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat, siswa Indonesia pantang menyerah untuk terus berprestasi hingga tingkat internasional.

"Anak-anak Indonesia memang tangguh. Dalam sebulan ini sudah 15 medali olimpiade sains internasional diraih di bidang matematika, biologi, dan fisika," ungkap Asep Sukmayadi, Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Hal ini disampaikan Kapuspresnas menanggapi raihan prestasi siswa Indonesia dalam berbagai ajang olimpiade sains: International Physics Olympiad (IPhO), International Mathematical Olympiad (IMO) dan International Biology Olympiad (IBO).

"Dalam kondisi masih pandemi mereka menolak untuk menyerah dan terus berprestasi. Mereka adalah inspirasi keteladanan sekaligus energi positif bagi bangsa yang sedang terus berjuang untuk lepas dari himpitan pandemi," ujar Asep.

Baca juga: Kado Istimewa Hari Anak Nasional, Siswa Indonesia Raih Prestasi Ajang Olimpiade Biologi

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, "ketiga bidang prestasi mencerminkan masa depan ilmu pengetahuan dan inovasinya utk menjawab tantangan antisipasi wabah penyakit yg bisa mengancam kehidupan."

"Kita meyakini, anak-anak Indonesia tetap kuat dan bersemangat. Tetap tekun belajar untuk meraih prestasi mewujudkan cita-cita," ujar Asep optimis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.