Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kado Istimewa Hari Anak Nasional, Siswa Indonesia Raih Prestasi Ajang Olimpiade Biologi

Kompas.com - 24/07/2021, 19:57 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Empat siswa Indonesia yang tergabung dalam Tim Olimpiade Biologi Indonesia kembali menorehkan prestasi terbaik di International Biology Olympiad (IBO) Challenge II, 18—23 Juli 2021 yang diselenggarakan oleh tuan rumah Portugal.

Pengumuman dilakukan hari Jumat, 23 Juli 2021, bertepatan dengan Hari Anak Nasional, pukul 16.00 CET (Central European Time) atau pukul 21.00 WIB melalui kanal Youtube IBO Challenge II 2021.

BO Challenge II 2021 diikuti oleh 76 negara peserta yang berhak mengirimkan maksimal 4 siswa tiap negara.

Perolehan medali siswa Indonesia dalam Olimpiade Biologi Internasional terdiri atas;

  • Nathanael Tjandra (kelas XI SMAK Calvin DKI Jakarta), medali emas
  • Leonard Hartanto Jososudarmo (Kelas XII SMAK Penabur Cirebon), medali perak
  • Farrel Alfaza Marsetyo (Kelas XII MAN Insan Cendekia, Serpong), medali perak
  • Nathaniel Teopilus (Kelas XI SMA Kristen Imanuel Pontianak), medali perunggu

Duo Nathan saat ini masih duduk di bangku SMA, sedangkan Leonard akan melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, dan Farrel akan kuliah di Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada.

Baca juga: Cover Lagu dengan Bahasa Isyarat, Mahasiswa UNS Cetak Prestasi

Kompetisi dari rumah

Perkembangan pandemi Covid-19 yang masih melanda seluruh dunia saat ini turut berdampak pada penyelenggaraan IBO, sehingga pelaksanaan tes dilakukan secara daring dari negara masing-masing.

Terlebih dengan penerapan PPKM darurat di Jawa-Bali, maka keempat siswa Indonesia melakukan tes di rumah masing-masing di Kota Jakarta, Cirebon, Solo, dan Pontianak dengan pengawasan secara daring.

Meski dilakukan secara daring dari rumah masing-masing, para siswa tetap memegang teguh semangat yang diusung Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) tahun ini yakni "Jujur itu Juara" dan "Berprestasi dari Rumah".

Pelaksanaan tes dibagi menjadi dua bagian (tes praktikum-teori dan tes teori). Tes praktikum-teori dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2021 selama 3 jam yang terinspirasi dari peringatan 500 tahun ekspedisi pelaut Portugal, Fernão de Magalhães (1519—1522) mengelilingi dunia hingga meninggal di Filipina.

Soal-soal tes praktikum didasarkan pada tipe ekosistem pada lokasi yang disinggahi selama ekspedisi oleh Fernão de Magalhães.

Tes Teori dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2021 juga selama 3 jam. Pelaksanaan tes praktikum dan teori dilakukan secara asinkron berdasarkan waktu lokal dari masing-masing negara peserta.

Sistem penilaian berdasarkan pada bobot yang sama antara tes praktikum dan tes teori. 

Selama IBO Challenge II 2021, tim Indonesia didampingi oleh 6 pendamping sekaligus berperan selaku juri internasional di antaranya: Agus Dana Permana, Ahmad Faizal, Jayen Aris Kriswantoro (Staf Pengajar Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati – Institut Teknologi Bandung), Ida Bagus Made Artadana (Universitas Surabaya), serta Titis Setiyobudi dan Fauzi Nasution (TOBI).

Baca juga: Jawab Kekhawatiran Loss Learning, Dua Siswa CRIBS Raih Prestasi Internasional

Selain menerjemahkan soal, juri internasional bertugas sejak tanggal 12—16 Juli 2021 juga menelaah soal-soal tes (praktikum dan teori), sehingga meningkatkan kualitas soal sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang biologi modern.

"Dalam kondisi masih pandemi mereka menolak untuk menyerah dan terus berprestasi. Mereka adalah inspirasi keteladanan sekaligus energi positif bagi bangsa yang sedang terus berjuang untuk lepas dari himpitan pandemi," ungkap Plt. Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi melalui pesan singkat.

"Kita meyakini, anak-anak Indonesia tetap kuat dan bersemangat. Tetap tekun belajar untuk meraih prestasi mewujudkan cita-cita," tegasnya.

Asep menambahkan, pihaknya menyampaikan terima kasih atas dukungan sekolah, orangtua, para guru, serta semua pihak yang telah mendukung tim Indonesia di IBO Challenge II 2021.

"Semoga Tim Olimpiade Biologi Indonesia senantiasa mempersembahkan prestasi terbaik dan berkontribusi dalam kemajuan ilmu Biologi di masa yang akan datang," harap Asep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com