Kompas.com - 24/07/2021, 19:57 WIB
Empat siswa Indonesia yang tergabung dalam Tim Olimpiade Biologi Indonesia kembali menorehkan prestasi terbaik di International Biology Olympiad (IBO) Challenge II, 18?23 Juli 2021 yang diselenggarakan oleh tuan rumah Portugal. DOK. PUSPRESNASEmpat siswa Indonesia yang tergabung dalam Tim Olimpiade Biologi Indonesia kembali menorehkan prestasi terbaik di International Biology Olympiad (IBO) Challenge II, 18?23 Juli 2021 yang diselenggarakan oleh tuan rumah Portugal.

KOMPAS.com - Empat siswa Indonesia yang tergabung dalam Tim Olimpiade Biologi Indonesia kembali menorehkan prestasi terbaik di International Biology Olympiad (IBO) Challenge II, 18—23 Juli 2021 yang diselenggarakan oleh tuan rumah Portugal.

Pengumuman dilakukan hari Jumat, 23 Juli 2021, bertepatan dengan Hari Anak Nasional, pukul 16.00 CET (Central European Time) atau pukul 21.00 WIB melalui kanal Youtube IBO Challenge II 2021.

BO Challenge II 2021 diikuti oleh 76 negara peserta yang berhak mengirimkan maksimal 4 siswa tiap negara.

Perolehan medali siswa Indonesia dalam Olimpiade Biologi Internasional terdiri atas;

  • Nathanael Tjandra (kelas XI SMAK Calvin DKI Jakarta), medali emas
  • Leonard Hartanto Jososudarmo (Kelas XII SMAK Penabur Cirebon), medali perak
  • Farrel Alfaza Marsetyo (Kelas XII MAN Insan Cendekia, Serpong), medali perak
  • Nathaniel Teopilus (Kelas XI SMA Kristen Imanuel Pontianak), medali perunggu

Duo Nathan saat ini masih duduk di bangku SMA, sedangkan Leonard akan melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, dan Farrel akan kuliah di Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada.

Baca juga: Cover Lagu dengan Bahasa Isyarat, Mahasiswa UNS Cetak Prestasi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kompetisi dari rumah

Perkembangan pandemi Covid-19 yang masih melanda seluruh dunia saat ini turut berdampak pada penyelenggaraan IBO, sehingga pelaksanaan tes dilakukan secara daring dari negara masing-masing.

Terlebih dengan penerapan PPKM darurat di Jawa-Bali, maka keempat siswa Indonesia melakukan tes di rumah masing-masing di Kota Jakarta, Cirebon, Solo, dan Pontianak dengan pengawasan secara daring.

Meski dilakukan secara daring dari rumah masing-masing, para siswa tetap memegang teguh semangat yang diusung Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) tahun ini yakni "Jujur itu Juara" dan "Berprestasi dari Rumah".

Pelaksanaan tes dibagi menjadi dua bagian (tes praktikum-teori dan tes teori). Tes praktikum-teori dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2021 selama 3 jam yang terinspirasi dari peringatan 500 tahun ekspedisi pelaut Portugal, Fernão de Magalhães (1519—1522) mengelilingi dunia hingga meninggal di Filipina.

Soal-soal tes praktikum didasarkan pada tipe ekosistem pada lokasi yang disinggahi selama ekspedisi oleh Fernão de Magalhães.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.