Kompas.com - 22/07/2021, 20:06 WIB
Sekolah Pelita Harapan Dok. SPHSekolah Pelita Harapan

KOMPAS.com - Dua siswa Sekolah Pelita Harapan (SPH) raih nilai sempurna yakni 45 dari nilai maksimal 45 di ujian International Baccalaureate Diploma Program (IBDP). Menjadikan SPH masuk dalam jajaran sekolah di dunia dengan hasil IBDP tertinggi.

Dua siswa SPH, Victoria Rose Liando (Indonesia) dan Kim Su Yeon (Korea Selatan), menjadi peraih nilai IBDP sempurna tahun ini, menempatkan mereka di peringkat 0,5 persen teratas dari 170.000 siswa di seluruh dunia yang juga memperoleh hasil IBDP mereka pada minggu pertama Juli 2021.

Sebanyak 34 siswa SPH juga menempati posisi 9 persen teratas dunia dengan perolehan nilai di atas 40. Secara keseluruhan, 133 lulusan SPH mencapai rata-rata 35,89 yang lebih tinggi dari rata-rata dunia yaitu 33,02.

Baca juga: 3 Universitas di Singapura Buka Beasiswa Parsial S1-S2 Tahun 2021

Hasil IBDP yang sangat baik ini membuka jalan bagi siswa-siswa SPH untuk melanjutkan studi di universitas ternama dunia seperti UC Berkeley, Columbia University, dan University College London.

Sebanyak 133 lulusan SPH diterima di 187 universitas di 16 negara yang tersebar di seluruh dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peraih nilai tertinggi, Victoria Rose Liando, melanjutkan studinya di Yale University dengan ekonomi sebagai jurusan pilihannya.

Sedangkan 37 persen lulusan SPH lainnya menerima 99 tawaran berbagai beasiswa dari 68 universitas di seluruh dunia untuk masa studi 4 tahun.

Selain itu, 4 siswa SPH juga memperoleh tawaran beasiswa penuh: Joanna Kumendong dari NYU Abu Dhabi, Uni Emirat Arab and Yale NUS Singapore, Jason Adhinarta dari Boston College dan Boston University, Matthew Chung dari Cornell University, dan Anna Long dari Emory University.

Kepala Sekolah SPH Kemang Village, Mark Roland Thiessen mengatakan di tengah pandemi, siswa SPH menunjukkan ketahanan mental dan intelektual yang luar biasa dalam menyelesaikan program dan melanjutkan pendidikan di universitas-universitas ternama dunia.

Baca juga: Suka Duka Kuliah di Inggris, Tak Melulu Seindah Feeds Instagram

Mengingat, dua tahun belakangan menjadi masa-masa yang sulit bagi semua siswa dan guru, baik di SPH maupun berbagai sekolah di dunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.