Kompas.com - 22/07/2021, 16:00 WIB
Camaba kembar tiga yang lolos masuk Unair meski beda jalur. DOK. UNAIRCamaba kembar tiga yang lolos masuk Unair meski beda jalur.

KOMPAS.com - Ada yang unik dari cerita calon mahasiswa baru Universitas Airlangga (Unair) 2021. Mereka adalah Nandina, Naila, dan Nabila yang merupakan anak kembar tiga.

Ketiganya dinyatakan lolos seleksi menjadi mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Ada proses panjang ketiganya bisa lolos Unair. Ketekunan dalam belajar serta semangat untuk tidak pantang menyerah menjadi kunci keberhasilan ketiganya.

Nabila Shafiya, salah satu di antara ketiganya, memaparkan bahwa mereka akan mencatat dan melihat kembali pelajaran yang telah didapat dari bimbingan belajar. Hal yang berbeda dari ketiganya hanya terkait dengan durasi belajar.

Baca juga: Cerita Ichsan Gagal SBMPTN 2 Kali hingga Lolos Masuk UGM

“Ada yang mungkin tahan belajar sampai agak lebih malam, ada juga yang harus banyak istirahatnya,” papar Nabila dilansir dari laman Unair.

Tidak hanya fokus pada bimbingan belajar, namun ketiganya juga menaruh perhatian pada pembelajaran di sekolah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nabila menuturkan, bahwa suatu ketika mereka harus menyeimbangkan fokus antara tugas dari bimbingan belajar dengan ujian praktik di sekolah.

“Jadi harus begadang sampai jam 01.00 untuk ngerjain tugas-tugas,” ungkapnya.

Meskipun mendapatkan banyak tugas dari bimbingan belajar yang mereka ikuti, namun hal itu justru menjadi pengalaman berkesan bagi ketiganya. Nabila menuturkan, bahwa semangat mengajar dari guru-guru mereka-lah yang menjadi motivasi.

Lebih lanjut, Nabila menuturkan bahwa menjadi mahasiswa baru Unair merupakan impian mereka sejak lama.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.