Kompas.com - 22/07/2021, 13:37 WIB
Jaket Sacker Buatan Mahasiswa ITS DOK.ITSJaket Sacker Buatan Mahasiswa ITS

KOMPAS.com - Selama empat tahun terakhir, angka kasus kecelakaan dan kematian di jalur pendakian semakin meningkat.

Seringkali tim penyelamat kesulitan menemukan titik lokasi dari para korban pendakian. Apalagi, jika cuaca tidak mendukung maka hal ini menghambat proses pencarian.

Dari masalah ini, lima mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggagas SACKER, Smart Jacket for Hiker.

Diketuai oleh Talia Kamil (Teknik Mesin), dan beranggotakan Cindi Dwi Pramudita (Teknik Informatika), Rafif Fernanda (Teknik Elektro), Jauhari Azhar (Teknik Material dan Metalurgi), serta Raditya Rafie Johari (Manajemen Bisnis) lima mahasiswa ini sangat serius membuat rancangan jaket rescue ini.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Talia Kamil, sang ketua tim mengungkapkan jika Sacker berbeda dari jaket pada umumnya.

Jaket rancangan timnya, dilengkapi dengan komponen Global Positioning System (GPS) dan pulse sensor yang berfungsi untuk mendeteksi lokasi dan kondisi dari para pendaki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kedua komponen tersebut kami pilih dengan tujuan meminimalisir waktu pencarian jika terjadi kasus hilangnya pendaki,” jelasnya.

Untuk cara kerja komponen GPS pada Sacker, fungsinya sebagai pengirim sinyal lokasi dari pendaki. Sedangkan komponen pulse sensor sendiri adalah sensor detak jantung yang dikoneksikan dengan lampu indikator untuk mengetahui kondisi detak jantung pendaki.

“Lampu akan menyala jika detak jantung sang pendaki di atas 90bpm,” imbuhnya.

Selain untuk mengetahui kondisi satu sama lain, lampu tersebut juga berguna untuk memudahkan pencarian korban pendakian saat tersesat atau hilang di malam hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X