Kompas.com - 22/07/2021, 13:31 WIB

KOMPAS.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Galeri Nasional, Direktorat Jenderal Kebudayaan, berkolaborasi dengan theAsianparent (tAp) Indonesia menghadirkan tur virtual khusus untuk anak.

Tur virtual dengan memanfaatkan teknologi video 360° akan digelar besok, Jumat (23/7/2021) pukul 10.00-11.30 WIB dan dapat diakses melalui aplikasi Zoom.

Kepala Galeri Nasional Indonesia (GNI), Pustanto mengatakan bahwa bagi GNI, tur virtual ini adalah yang pertama yang khusus ditujukan bagi anak-anak.

“Tentunya, materi tur virtual juga disesuaikan. Anak-anak akan diajak mengenal seni rupa dengan bahasa yang mudah dimengerti dan tentunya dikemas semenarik mungkin agar anak-anak tertarik untuk belajar,” ungkap Pustanto, Rabu (21/7/2021) seperti dirangkum dari laman Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Tur virtual kali ini, jelas Pustanto, akan menyajikan karya dengan objek yang dekat dengan anak atau sering ditemui anak dalam keseharian, seperti figur ibu, kakak, adik, tanaman, hewan, pasar, kapal, bentuk-bentuk geometri, dan warna.

“Objek-objek tersebut ada dalam karya Raden Saleh “Kapal Tenggelam”, Basoeki Abdullah “Kakak dan Adik”, Affandi “Ibu”, Kartono Yudhokusumo “Anggrek”, Suromo DS “Pasar”, Popo Iskandar “Kucing”, Handrio “Komposisi”, dan karya tokoh-tokoh penting lainnya yang berkontribusi dalam perkembangan seni rupa Indonesia,” jelasnya.

Selama tur, peserta akan dipandu oleh tim GNI, yaitu Kak Aola Romadhona, Kak Tunggul Setiawan, dan Kak Desy Novita Sari itu akan mengajak peserta tur untuk mengenal karya dan tokoh seni rupa melalui pameran tetap koleksi Galeri Nasional Indonesia.

Pustanto berharap, tur virtual ini selain dapat meramaikan perayaan Hari Anak Nasional 2021 yang tahun ini mengangkat tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, juga menjadi media edukasi seni rupa bagi anak-anak.

Baca juga: Beasiswa BCA 2022, Kuliah Teknik Informatika Gratis bagi Lulusan SMA-SMK

“Selain itu, dari tokoh dan karya-karya yang ditampilkan, diharapkan dapat mendorong anak-anak untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya. Kemudian, bagi pendamping anak-anak, seperti para orang tua dan para pendidik, materi tur virtual ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengenalkan seni rupa kepada anak-anak,” pungkas Pustanto.

Sementara itu, theAsianparent Indonesia juga akan membantu Kemendikbud Ristek untuk mengenalkan program-program kementerian kepada masyarakat Indonesia dengan tujuan menumbuhkan semangat berkarya dan berkreativitas, khususnya bagi para pelaku budaya di Indonesia.

Dan melalui program edukasi tersebut, masyarakat Indonesia, khususnya orangtua dan anak-anak dapat lebih mengenal kekayaan warisan budaya Indonesia sejak dini.

Pendaftaran dapat diakses melalui tautan bit.ly/tapvtrori3 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.