Kompas.com - 22/07/2021, 10:55 WIB

KOMPAS. com - Ada program baru bagi lulusan SMA, SMK dan MA yang hendak melanjutkan kuliah di perguruan tinggi vokasi.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menghadirkan program magang bersertifikat.

Di dalam program ini, ada beasiswa magang bersertifikat yang bisa diperoleh siswa dengan mendaftar di laman kampusmerdeka.kemdikbud.go.id

"Program ini bernama beasiswa micro credendtial (kredensial mikro) bermagang dan studi independen," kata Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Ahmad Saufi dilansir dalam Youtube Mitrasdudi Kemdikbud. 

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Program ini sendiri didanai oleh LPDP sementara untuk lokasi magang para calon mahasiswa diarahkan oleh Kadin Indonesia.

"Program ini memperkuat kualitas lulusan perguruan tinggi vokasi D2, D3, D4 untuk mampu bersaing di dunia global industri," terang Saufi.

Dalam program ini nantinya akan ada bobot yang setara dengan 20 Satuan Kredit Semester (SKS).

Sementara, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Wikan Sakarinto mengatakan, program beasiswa ini pun akan memberikan gaji bagi para mahasiswanya. Besarannya mencapai Rp 4 juta.

"Mahasiswa magang dapet gaji dan kami menyediakan anggaran untuk menggaji mahasiswa magang, kisaran Rp 4 juta," kata Wikan.

Magang bersertifikat ini, memiliki sertifikasi yang diakui dunia industri. Bukan hanya mahasiswa yang bisa mendaftar progr ini, namun industri juga diminta untuk mendaftar agar mampu melihat kompetensi mahasiswa yang masuk dalam program beasiswa.

Baca juga: Cerita Ichsan Gagal SBMPTN 2 Kali hingga Lolos Masuk UGM

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.