Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2021, 07:22 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah tertunda karena kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Universitas Jember (Unej) mengeluarkan pengumuman terbaru terkait pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) 2021.

Berdasarkan hasil rapat panitia SBMPTBR 2021 yang dilaksanakan tanggal 19 Juli 2021 dan memperhatikan instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 22 tahun 2021 tanggal 21 Juli 2021 tentang PPKM level 4 Corona Virus Disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali ada beberapa poin pengumuman yang disampaikan Unej.

Dari pengumuman bernomor 13052/UN25/EP/2021 disampaikan beberapa hal berikut ini:

Baca juga: Hanya Ada 1 di Indonesia, Yuk Kenali Prodi Kedokteran Penerbangan UI

1. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTBR 2021, bagi peserta yang memilih mengikuti UTBK SBMPTBR 2021 akan dilaksanakan secara daring pada tanggal 26 Juli sampai dengan 28 Juli 2021.

2. Bagi peserta yang mengikuti UTBK SBMPTBR 2021, wajib mencetak ulang kartu peserta SBMPTBR 2021 mulai tanggal 22 Juli pukul 12.00 WIB karena panitia menjadwal ulang pelaksanaan UTBK SBMPTBR 2021.

3. Setiap peserta yang memilih mengikuti UTBK SBMPTBR 2021 wajib memperhatikan dan mengikuti tata tertib dan tata cara pelaksanaan UTBK SBMPTBR 2021 secara daring seperti yang dituangkan dalam panduan penggunaan aplikasi SBMPTBR 2021.

Baca juga: Orangtua, Bantu Anak Hindari Berita Hoaks dengan Cara Ini

Panduan ini dapat diakses melalui htpps://unej.id/panduansbmptbr.

4. Peserta juga wajib mengikuti uji coba aplikasi (latihan ujian) secara daring pada tanggal 25 Juli 2021 mulai pukul 09.00 sampai dengan 12.00 (30 menit tiap sesi).

Pengumuman kelulusan SBMPTBR 2021 akan dilaksanakan tanggal 2 Agustus 2021 pukul 13.00.

Saat mengikuti ujian SBMPTBR 2021 secara daring, peserta membutuhkan sistem dan perangkat sebagai berikut:

Baca juga: Rans Entertainment Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1, Buruan Daftar

  • Menyediakan kuota internet yang cukup (minimal 2 GB) atau mengakses wifi dari provider yang lancar dan stabil dengan kecepatan minimal 2 Mbps.
  • Jika persyaratan ini tidak terpenuhi, maka ada kemungkinan pelaksanaan tes online akan tersendat dan panitia tidak bertanggung jawab terhadap masalah ini.
  • Menyediakan laptop (OS Windows, minimal Windows 7, dengan ukuran layar minimal 12 inch) yang memiliki webcam dan komunikasi suara (baik headset atau melalui laptop).
  • Memiliki telepon pintar (smartphone) yang memiliki akses Whatsapp untuk melakukan komunikasi dalam melakukan instalasi dan pengecekan.
  • Peserta menyediakan meja dengan latar belakang dengan jarak tidak lebih dari 2 meter. Meja harus dibersihkan dari barang-barang selain laptop dan clear folder.
  • Ruangan tes harus memiliki mendapatkan sinar yang terang.
  • Tempat duduk harus mepet dinding.
  • Dilarang menggunakan Virtual Background pada aplikasi Zoom.

Baca juga: Siswa, Lakukan 3 Hal Ini Jika Terjadi Gempa Bumi

Sebelum mengikuti pelaksanaan tes, peserta harus mengunduh dan menginstall beberapa program yang dibutuhkan untuk pelaksanaan tes. Ada beberapa aplikasi ujian yang perlu diunduh sebagai berikut:

1. Aplikasi yang diunduh antara lain: Mozilla Firefox, Safe Exam Browser (browser.exe), Zoom Meeting (Zoom.exe), SBMPTBR-2021.seb.

2. Perangkat ujian ini dilakukan dengan menggunakan OS WINDOWS yang harus didukung oleh program Mozilla Firefox, Jika pada komputer Anda sudah terpasang, Anda dapat tidak perlu menginstallnya. Namun jika belum memilikinya, harus menginstallnya dengan terlebih dahulu
mengunduhnya di https://mirror.unej.ac.id/sbmptbr.

Baca juga: Epidemiolog UGM Ungkap Herd Immunity di Indonesia Sulit Terbentuk

3. Browser (Safe Exam Browser). Browser/Safe exam browser harus diinstal jika sudah memiliki Mozilla.

4. Zoom Meeting khusus. Meskipun peserta memiliki program Zoom Meeting yang sudah terpasang di komputer, program program Zoom Meeting tetap harus diinstal dengan cara menjalankannya.

5. Program SBMPTBR-2021.seb ini yang nantinya dijalankan peserta untuk masuk ke dalam sistem CBT untuk tes. Download file SBMPTBR-2021.seb. File ini harus dijalankan ketika semua program sebelumnya sudah diinstal. Password keluarnya/logout adalah “utbk”. Klik tombol off paling pojok kanan bawah untuk keluar program.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan SBMPTBR 2021 bisa mengunjungi laman unej.ac. 

Baca juga: Undip Peringkat 3 Nasional di QS Graduate Employability Rankings 2020

SBMPTBR ini merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru di wilayah Besuki Raya yang terbentang dari Probolinggo hingga Banyuwangi. Selain diikuti oleh Unej, SBMPTBR 2021 juga diikuti perguruan tinggi swasta (PTS) di Probolinggo, Jember, Lumajang, Bondowoso dan Banyuwangi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com