Kompas.com - 21/07/2021, 17:55 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan multinasional yang memiliki kantor atau pabrik di banyak negara bisa menjadi perusahaan incaran para mahasiswa atau fresh graduate.

Selain memiliki nama yang bergengsi dan gaji yang terbilang tinggi, perusahaan multinasional juga menawarkan sederet fasilitas yang bisa jadi tidak didapat di perusahaan kecil.

Namun, untuk bisa sukses melamar kerja di perusahaan multinasional, ada sejumlah persiapan yang perlu dilakukan.

Mahasiswa FKM PSDKU Universitas Airlangga (Unair) di Banyuwangi, Ahmad Rido’i Yuda Prayogi berbagi tips bagaimana ia bisa diterima bekerja di Wilmar Nabati Group (perusahaan multinasional yang bergerak di bidang agribisnis) bahkan sebelum dirinya lulus.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 10 Profesi yang Paling Bersinar di Tahun 2025

Mahasiswa yang akrab disapa Yuda ini, baru akan mengikuti wisuda untuk periode bulan September 2021.

Ia mengungkapkan, untuk bekerja di perusahaan multinasional harus disiapkan sedari menjadi mahasiswa, bukan ketika sudah lulus.

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan?

1. Aktif mengikuti kegiatan sosial

IPK tinggi bukan poin utama penilaian perusahaan dalam merekrut anggota.

Yuda mengungkapkan bahwa aktivitas sosial seperti pengabdian masyarakat atau menjadi relawan bencana adalah sesuatu nilai tambah yang menjadi pertimbangan perusahaan mencari karyawan.

“Karena perusahaan membutuhkan orang-orang yang peka dan memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungannya untuk menunjang kinerja perusahaan, oleh karena itu, orang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi akan lebih dicari ketika rekrutmen,” ungkap Yuda, seperti dirangkum dari laman Unair, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.