Kompas.com - 20/07/2021, 12:47 WIB
Ilustrasi doktor honoris causa, ilustrasi doktor. Shutterstock/Martial RedIlustrasi doktor honoris causa, ilustrasi doktor.
|

KOMPAS.com - Lulus dari SMK pasti identik langsung bekerja. Tapi jangan salah, lulusan SMK juga dapat melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Seperti salah satu alumnus SMKN 1 Blitar, Jawa Timur, Samsul Huda kini bisa menyandang gelar doktor di usia muda.

Dulu, Samsul menempuh pendidikan vokasi pada bidang keahlian teknik audio video yang berada di bawah departemen elektro.

Baca juga: Mahasiswa UK Petra Olah Limbah Padat Jadi Barang Bernilai Tinggi

"Jurusan ini adalah jurusan yang khusus mempelajari bagaimana memperbaiki reparasi peralatan rumah tangga," ujar Samsul seperti dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Senin (19/7/2021).

Menurutnya, selain belajar teori dan produktif, ia juga diwajibkan magang atau praktik kerja industi yang dilaksanakan di tahun kedua.

Selama belajar di SMK, program yang diterapkan selama satu semester itu dibagi antara pemenuhan mata pelajaran teori dengan produktif, yaitu praktik di bengkel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di tahun pertama dan kedua Samsul mengatakan bahwa SMK Negeri 1 Blitar membekalinya dengan pembelajaran bagaimana membaca komponen dan resistor.

Kemudian di tahun ketiga, pencapaian paling tinggi pada saat itu adalah bagaimana bisa mereparasi televisi.

Samsul kemudian terus berupaya untuk mengulik pendidikan vokasi melalui beasiswa Bidikmisi.

Akhirnya dirinya dapat melanjutkan studi vokasinya di Jurusan Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Surabaya (PENS).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X