Kompas.com - 20/07/2021, 07:49 WIB
Ilustrasi belajar daring. KOMPAS.com/RahmadhaniIlustrasi belajar daring.

 

KOMPAS.com - Meski pandemi Covid 19 masih terus membatasi para siswa melaksanakan sekolah tatap muka, namun ada beberapa sekolah yang sudah menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas atau sekolah tatap muka terbatas. 

Mengadakan PTM terbatas, artinya sekolah sudah siap dengan protokol yang diterapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) maupun Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Bahkan, PTM Terbatas tidak harus dilakukan di dalam kelas. Baik guru dan siswa, bisa memanfaatkan pembelajaran di luar kelas agar sirkulasi udara tetap terjaga, dan tentunya suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Baca juga: Empat Lokasi Wajib Prokes Selama Sekolah Tatap Muka

Kira-kira pembelajaran di luar kelas seperti apa saja ya yang dapat kita terapkan ketika PTM Terbatas?

Melansir dari laman Direktorat SD Kemendikbud Ristek, ada 5 lokasi luar kelas yang bisa digunakan untuk belajar selama PTM. Apa saja? Ini daftarnya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Belajar di laboratorium alam di sekitar lingkungan sekolah

Kamu bisa menerapkan belajar mengenai alam sekitar di lingkungan sekolah. Mempelajari fauna dan flora yang ada di sekitarmu tentu sangat menyenangkan. Namun, pelaksanaannya tetap menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak antar siswa.

2. Belajar di tanah lapang dekat sekolah

Siapa yang sudah bosan belajar melalui gawai atau gadget? Pastinya, kalian ingin belajar di ruang terbuka kan?

Kalian bisa belajar di tanah lapang dengan panduan ketat dari guru dan ikuti arahan guru untuk tetap menggunakan masker. Ingat, meskipun belajar di tanah lapang bukan berarti kamu bermain dan berdesak-desakan antar teman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.