Kompas.com - 19/07/2021, 19:25 WIB
Dinas Pendidikan Kota Surabaya memberi jawaban terhadap pertanyaan yang sering muncul seputar vaksinasi Covid-19 untuk usia 12 tahun hingga 17 tahun. Tangkap layar Dinas Pendidikan Kota SurabayaDinas Pendidikan Kota Surabaya memberi jawaban terhadap pertanyaan yang sering muncul seputar vaksinasi Covid-19 untuk usia 12 tahun hingga 17 tahun.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Saat ini pemerintah melaksanakan program vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 12 tahun hingga 17 tahun.

Sejumlah sekolah pun telah melaksanakan program vaksinasi bagi peserta didiknya. Dilansir dari akun Instagram resmi Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Senin (19/5/2021), ada beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait program vaksinasi Covid-19 bagi usia 12 tahun hingga 17 tahun.

Dinas Pendidikan Kota Surabaya pun memberikan jawaban yang diunggah di akun Instagram resminya.

Yuk simak informasi terkait pertanyaan dan jawaban Dinas Pendidikan Kota Surabaya seputar vaksinasi bagi anak usia 12 hingga 17 tahun.

Baca juga: Rektor UNS: Indonesia Punya 2 Kekuatan Besar Hadapi Pandemi Covid-19

1. Syarat apa yang harus dimiliki anak untuk menerima vaksin?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anak berusia 12 hingga 17 tahun, anak dalam kondisi badan sehat dan tidak ada keluhan seperti badan panas, batuk pilek, tidak ada penyakit bawaan, penyakit autoimun dan penyakit penyerta lainnya.

2. Kenapa yang divaksin hanya anak usia 12 hingga 17 tahun? Bagaimana yang di bawah usia ini?

Saat percobaan di China beberapa waktu lalu, anak usia 3 hingga 11 tahun mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yaitu demam pasca vaksin.

Sedangkan usia 12-17 tahun mengalami nyeri pada lokasi suntik bahkan hasil setelah vaksin juga aman serta imunogenitas yang ditimbuhlkan oleh tubuh juga baik.

Berikutnya akan dilakukan uji coba fase ketiga pada usia 3 tahun hingga 11 tahun serta menunggu persetujuan serta dievaluasi oleh BPOM.

Baca juga: Mahasiswa, Lakukan 5 Cara Ini agar Smartphone Tidak Lemot

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.