Kompas.com - 19/07/2021, 16:15 WIB
Ilustrasi nanas yang akan diolah menjadi selai untuk isi nastar. Nastar adalah kue kering khas Lebaran di Indonesia. SHUTTERSTOCK/KOTCHA KIlustrasi nanas yang akan diolah menjadi selai untuk isi nastar. Nastar adalah kue kering khas Lebaran di Indonesia.

 

KOMPAS.com - Tepat pada 20 Juli 2021, umat Islam di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Adha.

Pada momen tersebut, ada syarat penyembelihan hewan kurban. Tentu semua keluarga muslim biasa menghidangkan olahan daging kurban di rumah-rumah mereka.

Daging kurban merupakan daging merah yang berasal dari daging kambing, domba, sapi, dan unta yang memiliki tekstur yang lebih alot.

Baca juga: Pakar IPB: 5 Syarat Hewan Kurban Layak Disembelih Saat Idul Adha

Oleh karena itu, daging merah perlu mendapat perlakuan khusus dalam proses pengolahan agar kesulitan mengunyah dapat diatasi dan daging dapat dinikmati. Caranya dengan menggunakan nanas.

Nanas telah dikenal secara luas oleh masyarakat terutama para ibu rumah tangga sebagai buah yang bermanfaat dalam proses pengempukan daging. Lalu, kandungan apa yang terdapat di dalam nanas sehingga mampu melunakkan daging?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dosen Institut Pertanian Bogor ( IPB) University dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, Tuti Suryati memberikan penjelasan ilmiah mengenai proses pengempukan dengan menggunakan buah nanas.

"Jadi di dalam buah nanas terkandung enzim bromelin yang termasuk jenis enzim protease yang dapat memutuskan ikatan peptida pada protein,” papar Tuti, dilansir dari laman IPB.

Terputusnya ikatan peptida pada protein menyebabkan hidrolisis atau degradasi protein sehingga menjadi potongan-potongan peptida atau bentuk lebih sederhana dari protein.

Bromelin juga dapat bekerja pada jaringan kolagen yang merupakan protein pada jaringan ikat, protein miosin, protein miofibrilar, atau serabut daging.

Baca juga: Pakar IPB: Ini Cara Alami Obati Tekanan Darah Tinggi

“Enzim bromelin sendiri dapat ditemui pada daun, batang, serta buah tanaman nanas,” ujar Peneliti dari Divisi Teknologi Hasil Ternak IPB University ini.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.