Kompas.com - 17/07/2021, 16:35 WIB
Siswa SMPN 1 Rongkop yang berprestasi di tingkat paralel dan juara tingkat kabupaten mendapatkan penghargaan. Dok. SMPN 1 RongkopSiswa SMPN 1 Rongkop yang berprestasi di tingkat paralel dan juara tingkat kabupaten mendapatkan penghargaan.
|

KOMPAS.com - Berada di daerah dekat pantai Gunungkidul, DIY, siswa SMPN 1 Rongkop tak kehilangan motivasi untuk belajar.

Meski Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilakukan secara daring, siswa baru maupun siswa lama tetap mengikutinya dengan penuh semangat.

Salah satu guru di SMPN 1 Rongkop, Gunungkidul Tutik Suprapti menerangkan, pelaksanaan MPLS berjalan lancar meski dilakukan secara online.

Karena Kapanewon Rongkop termasuk daerah pegunungan, sinyal internet juga belum semua merata.

Baca juga: Nusantara Sakti Group Buka Lowongan Kerja Lulusan D3/S1, Ini Infonya

Siswa inisiatif mencari sinyal

Siswa yang berada di daerah sulit sinyal, mereka berusaha mencari secara mandiri ke tempat yang ada sinyal internetnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Rongkop itu sudah dekat dengan laut dan medannya pegunungan. Sejauh ini anak-anak tertempa dengan keadaan jadi mereka bisa didorong untuk lebih maju lagi," terang Tutik kepada Kompas.com, Sabtu (17/6/2021).

Tutik menerangkan, saat awal pandemi para siswa memang rindu dilakukannya pembelajaran secara tatap muka. Pasalnya baik siswa maupun guru banyak yang belum siap dengan perubahan situasi yang mendadak.

Namun dengan berjalannya waktu, banyaknya edukasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Gunungkidul dan lembaga terkait bagaimana cara pelaksanaan pembelajaran online yang bagus.

"Akhirnya siswa dan guru bisa menikmati proses yang ada. Bahkan sejauh ini banyak terobosan dan kemajuan yang bisa dicapai. Saya termasuk guru yang awalnya tidak tahu bagaimana membuat video pembelajaran online," ungkap Tutik.

Baca juga: Anak Usaha Astra Buka Lowongan Kerja Lulusan D3/S1, Cek Infonya

Berikan pembelajaran lewat Youtube

Namun berkat semangatnya, Tutik belajar secara otodidak membuat video pembelajaran yang digunakan selama pembelajaran jarak jauh (PJJ). Melalui kanal Youtube Tutik Suprapti Gunungkidul, dia mengunggah video pembelajaran Matematika untuk para siswanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.