Kompas.com - 16/07/2021, 10:38 WIB
Ilustrasi. shutterstock.comIlustrasi.

KOMPAS.com - World Economic Forum (WEF) telah merilis artikel terkait 10 "skill" atau keterampilan yang paling dibutuhkan di dunia kerja tahun 2025.

Menurut prediksi WEF, di tahun 2025 nanti diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada.

Berdasarkan prediksi tersebut setidaknya 50 persen pegawai perlu menambah dan memperbaiki skill mereka supaya bisa bertahan di dunia kerja.

Merangkum laman Binus University, Jumat (16/7/2021), WEF merupakan acara tahunan yang digelar setiap bulan Januari di Davos, Swiss.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Tujuan utama dari forum ini adalah membahas segala hal terkait perekonomian dunia, mulai dari peluang ekonomi global sampai mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah ekonomi yang terjadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain dihadiri oleh pakar ekonomi, acara yang sudah ada sejak 50 tahun lalu ini juga diramaikan oleh para pebisnis dunia sampai kalangan selebriti.

Bagi pebisnis dan para eksekutif, WEF menjadi peluang emas untuk memperluas mitra kerja mereka.

Bulan Oktober 2020 lalu, melalui situs resminya WEF merilis artikel terkait 10 skill yang dibutuhkan di dunia kerja tahun 2025, apa saja?

1. Mampu berpikir secara analitis dan inovatif

Guna menyelesaikan permasalahan secara cepat dan akurat, pekerja perlu memiliki kemampuan berpikir secara analitis. Di sisi lain, kemampuan dalam berinovasi juga dibutuhkan demi mencari terobosan baru sesuai kebutuhan pasar.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 10 Profesi yang Paling Bersinar di Tahun 2025

2. Pembelajaran aktif (active learning) dan mandiri

Secara umum pembelajaran aktif menuntut seseorang untuk memaksimalkan otak guna menemukan ide pokok dari materi yang dipelajari dan mengaplikasikan hasil belajar untuk menyelesaikan persoalan dalam kehidupan nyata.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.