Kompas.com - 16/07/2021, 10:15 WIB
dr. Riyo Pungki Irawan tawarkan konsultasi gratis bagi pasien isoman DOK. UGMdr. Riyo Pungki Irawan tawarkan konsultasi gratis bagi pasien isoman

KOMPAS.com - Melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia, membuat jumlah pasien isolasi mandiri (isoman) ikut meningkat.

Bukan tanpa tantangan, isoman kerap membuat pasien memiliki keterbatasan dalam mendapatkan pengobatan maupun perawatan dari tenaga kesehatan.

Kondisi ini mendorong alumnus Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKM) UGM membuka jasa layanan konsultasi medis online secara gratis. Layanan konsultasi diperuntukkan khusus untuk pasien Covid-19 isoman.

Siapa sosok dokter ini? Ia adalah Riyo Pungki Irawan, dokter berusia 24 tahun yang saat ini bekerja di Divisi Perinatologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSUP Dr. Sardjito.

Baca juga: Pakar UGM: Tips agar Isoman Aman dan Lancar

Ia mengungkapkan ide membuka jasa layanan konsultasi online gratis ini berawal dari banyaknya teman yang terinfeksi Covid-19 dan menjalani isoman di rumah. Sementara saat menjalani isoman kurang terpantau oleh rumah sakit maupun tenaga kesehatan karena lonjakan kasus yang semakin tinggi.

Di sisi lain, ia juga melihat dalam beberapa waktu terakhir tidak sedikit pasien Covid-19 yang meninggal dunia saat isoman di rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dari situ saya pikir bisa untuk meluangkan waktu 1-2 jam di luar jam praktik di RS untuk membantu,” paparnya dilansir dari laman resmi UGM.

Mulai 7 Juli 2021 Riyo pun memutuskan membuka layanan konsultasi online gratis. Sebelum praktik di rumah sakit, ia melayani masyarakat yang ingin berkonsultasi melalui WhatsApp setiap hari Senin-Kamis mulai pukul 07.00-08.00 WIB. Sehari-hari ia praktik di rumah sakit pukul 08.00-16.00 WIB.

Sejak menawarkan konsultasi untuk pasien isoman melalui akun twitternya @doctoriyo banyak pasien isoman yang melakukan konsultasi. Ia pun sempat merasakan kewalahan karena banyaknya konsultasi yang masuk.

“Mulai membuka layanan konsultasi gratis kan tanggal 7 Juli dan selama 24 jam itu sampai tanggal 8 Juli ada sekitar 800 chat yang masuk minta konsultasi,”katanya.

Baca juga: Stres saat Pandemi, 55 Psikolog UGM Siap Bantu Konseling

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.