Kompas.com - 16/07/2021, 09:59 WIB
Ilustrasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Shutterstock/HarismoyoIlustrasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia (Simak UI) jenjang S1 untuk lulusan D3 dan Program Pascasarjana Gelombang Kedua terdiri dari Magister (S2), Profesi, Spesialis, dan Doktor (S3) tahun Akademik 2021/2022 telah dilaksanakan pada Minggu (11/7/2021).

Sebanyak 5.786 peserta yang mengikuti Ujian Simak UI gelombang kedua, dengan rincian 834 peserta pendaftar program S1 untuk lulusan D3 dan 4.104 peserta pendaftar program Magister (S2).

Baca juga: Mengenal Penyakit Gerd dari Guru Besar UI

Kemudian, ada 80 peserta pendaftar program Profesi, 156 peserta pendaftar program Spesialis, dan 612 peserta pendaftar program Doktor (S3).

Pada pendaftaran Simak UI, UI menawarkan 74 Program Studi (Prodi) dari 14 fakultas dan dua sekolah pascasarjana, yaitu Sekolah Ilmu Lingkungan dan Sekolah Kajian Stratejik dan Global, pada jenjang Magister (S2).

Untuk jenjang Profesi, UI menawarkan tiga prodi, yaitu Prodi Arsitek, Insinyur, dan Akuntansi.

Program Spesialis terdiri dari 13 prodi pada Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Ilmu Keperawatan, sedangkan program doktoral di 39 prodi dari 14 fakultas dan dua sekolah pascasarjana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk Program S1 bagi lulusan D3 (Kelas S1 Paralel dan Kelas S1 Ekstensi), pilihannya terdapat pada 11 prodi yang ditawarkan dari lima fakultas, yakni Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Ilmu Keperawatan.

"Pada penyelenggaraan Simak UI tahun ini, mereka yang dari D3 meneruskan ke jenjang S1, UI membuka prodi Ilmu Hukum kelas S1 Ekstensi, setelah sekian lama program ini tidak membuka kelas," kata Kepala Kantor PMB UI Gunawan, melansir laman UI, Jumat (16/7/2021).

Dia mengaku, kelas S1 Ekstensi Ilmu Hukum ini diperuntukkan bagi lulusan D3/D4 dengan pengalaman kerja atau lulusan sarjana yang telah memiliki ijazah dari bidang ilmu non-hukum dan memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun.

Baca juga: Asrama Mahasiswa UI Sediakan 400 Tempat Tidur Isolasi Mandiri Covid-19

Masa studi Kelas Ekstensi, bilang dia, dirancang untuk 10 semester dan dapat ditempuh selama minimal lima semester dan maksimal 16 semester.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.