Kompas.com - 16/07/2021, 07:39 WIB
Ilustrasi bullying WavebreakmediaIlustrasi bullying

KOMPAS.com - Seringkali, dalam obrolan ringan dengan teman, keluarga, atau saat membuka media sosial kita tidak asing dengan istilah toxic.

Toxic adalah sesuatu yang merusak atau menimbulkan reaksi tertentu. Istilah toxic yang sering ditemui, berhubungan dengan toxic relationship.

Istilah ini, adalah relasi atau hubungan yang pada level tertentu dapat merusak hubungan itu sendiri.

Baca juga: 7 Tanda Remaja Mulai Toxic Relationship Menurut Pakar UGM

Toxic relationship dipengaruhi oleh frekuensi dan intensitas seberapa sering dan berat toxic itu dilakukan kepada orang lain atau sebuah relasi.

Sedangkan, toxic person adalah seseorang yang mungkin meracuni orang lain sehingga tidak bisa mencapai kebahagiaan dan hidup produktif.

Ada beberapa kelompok yang dapat berperilaku toxic dalam sebuah hubungan diantaranya toxic parent/family (keluarga), toxic lover (pacar), toxic friend/frenemies (teman), dan toxic people (orang itu sendiri).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Psikolog Universitas Brawijaya (UB), Ari Pratiwi mengatakan seseorang dapat dikategorikan sebagai toxic people apabila semua orang memberikan validasi bahwasanya orang tersebut memang toxic.

Kemudian, toxic people dijuluki pada seseorang apabila orang tersebut toxic secara personal atau hanya kepada diri kita. Atau toxic people sebagai respon, artinya apabila kita merasa semua orang toxic, kitalah toxic people yang sesungguhnya.

“Oleh karena itu, kita perlu crosscheck. Kalau kita merasa semua orang toxic, bisa jadi kitalah toxic people yang sesungguhnya. Toxic people mungkin sebenarnya respon dari apa yang kita lakukan,”katanya dilansir dari laman UB.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Ari juga memberikan tips dalam menghadapi situasi toxic. Pertama, take it, menerima apa adanya dan dihadapi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.