Kompas.com - 15/07/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi kesepian dan stres di masa pandemi. FREEPIKIlustrasi kesepian dan stres di masa pandemi.

KOMPAS.com - Hampir semua orang pernah memiliki perasaan insecure atau rasa tidak yakin pada diri sendiri. Kalau dibiarkan, perasaan insecure bisa mengikis rasa percaya diri.

Perasaan aman atau security merupakan kebutuhan dasar bagi manusia. Akan tetapi, beberapa situasi menjadikan seseorang merasa tidak aman atau sering kali disebut dengan insecure.

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Atika Dian Ariana, mengatakan, insecure merupakan rasa tidak aman, tidak mampu, tidak yakin terhadap kemampuan diri sendiri sehingga memicu ketakutan, kecemasan, atau emosi negatif sejenis.

Baca juga: Ini Tiga Ciri Kamu Mengalami Fase Quarter Life Crisis

“Kekhawatiran yang muncul akibat merasa tidak aman ini sebenarnya alert system dari tubuh, misalnya ketika menjelang ujian kita belajar lebih giat,” ujarnya, dilansir dari laman Unair.

Ia melanjutkan jika eustress atau stres yang sedang menguntungkan menjadi dorongan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.

“Bukannya biasanya tidak belajar, tapi ketika ujian ada dorongan yang lebih,” tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Atika, orang yang insecure merasa tidak nyaman dalam hubungan interpersonal dan orang yang insecure cenderung pemilih saat berteman.

“Picky dalam berteman itu boleh, tapi orang yang insecure memilih teman yang punya power di bawahnya,” terang Atika. “Mereka memilih seperti itu karena merasa secure ketika bisa mengontrol orang lain atas kemauannya sendiri,” lanjutnya.

Dampak insecurity

Atika menjelaskan, insecurity berdampak pada kehidupan sehari-hari. Orang yang merasa insecure takut untuk keluar dari zona nyaman sehingga tidak optimal dalam mengembangkan potensi diri.

“Orang yang merasa tidak nyaman dengan keadaan, akan berdampak pada kinerjanya menjadi tidak maksimal,” ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.